Hati-hati! Ini 3 Penyebab Kolestrol Meningkat Saat Puasa | SATUKANAL.COM
kolestrol meningkat

seseorang yang sedang menikmati makanan (Foto: Piqsels.com)

Satukanal.com, Nasional– Kolestrol menjadi salah satu hal yang patut untuk diwaspadai ketika sedang menjalankann puasa. Bagaimana tidak? Asupan makanan yang terkontrol kerapkali membuat kolestrol meningkat saat puasa.

Melansir dari repository.unimus.ac.id, kolesterol merupakan salah satu pembentuk lemak. Kolesterol memiliki peran penting dalam tubuh, salah satunya sebagai pembangun dinding di dalam sel (memberan sel) dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit serius, terutama penyakit arteri koroner.

Kolesterol yang tinggi ditandai dengan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) dalam darah tinggi dan lipoprotein yang buruk. Bagi sebagian orang, berpuasa dapat menyebabkan kadar kolesterol yang tinggi.

Baca Juga :  Cek Pengumuman.smmptnbarat 2022 dan Link Mirornya Untuk Hasil Seleksi

Menurut europepmc.org, selama puasa Ramadan, kadar kolesterol jahat dalam tubuh meningkat secara signifikan dan penurunan kolesterol baik.

Terdapat berbagai penyebab terjadinya kolesterol naik selama berpuasa. Berikut adalah penyebab kolesterol tinggi saat berpuasa:

1. Pola makan yang berantakan

Melansir healthcentral.com, penyebab umum kolesterol meningkat saat puasa adalah tidak menjaga pola makan, terutama saat berbuka puasa. Saat berpuasa tubuh menahan lapar dan haus sepanjang hari sehingga tidak jarang dijumpai ‘balas dendam’ saat berbuka puasa dengan makan makanan yang beragam.

Mulai dari minuman berkafein, takjil manis, hingga makanan yang mengandung lemak jenuh dan tinggi kolesterol yang menyebabkan kolesterol meningkat.

2. Malas beraktivitas

Setelah berbuka puasa, seringkali tubuh menjadi malas bergerak. Dilansir dari mayoclinic.org, malas beraktivitas merupakan salah satu penyebab kolesterol meningkat dan menimbulkan obesitas.

Baca Juga :  Link Download Lagu Kemerdekaan HUT RI ke-77, Lengkap dengan Caranya!

Dengan demikian, disarankan untuk berjalan-jalan sejenak guna menggerakkan tubuh sekaligus mencegah kolesterol meningkat.

3. Sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi medis yang meningkatkan risiko penyakit jantung seperti serangan jantung, jantung koroner, dan penyakit jantung lainnya.

Kondisi tersebut bisa terjadi khususnya dengan mengonsumsi makanan tidak sehat ketika perut kosong selama seharian penuh.

Hal ini ditandai dengan kenaikan tekanan darah, gula darah, dan lemak dalam tubuh yang berlebih yang menyebabkan kadar kolesterol dan triglisderida yang tidak normal. (adinda)