Idul Adha: 5 Amalan Yang Bisa Dilakukan Umat Muslim Menjelang Hari Raya Idul Adha | SATUKANAL.COM
Idul Adha

Ilustrasi gambar perayaan hari raya Idul Adha (Foto: usatoday.com)

Satukanal.com, Nasional – Hari Raya Idul Adha 2022 setidaknya sudah kurang enam hari lagi setelah tanggal dan ketentuan hari raya Idul Adha ditetapkan oleh pemerintah beberapa waktu, lewat sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Hari raya Idul Adha di Indonesia ditetapkan pada hari Minggu, (10/7/2022) mendatang. Jadi umat muslim masih bisa melakukan beberapa amalan yang dianjurkan saat menjelang hari raya Idul Adha, hal tersebut bisa dijadikan sebagai usaha untuk mendekatkan diri kembali pada hal-hal kebaikan.

Selain anjuran untuk memotong hewan qurban saat hari raya Idul Adha bagi ummat muslim, ternyata ada banyak anjuran yang bisa umat muslim jadikan sebagai amalan untuk menambah pahala.

Meskipun anjuran tersebut masuk dalam ketegori Sunnah artinya meskipun tidak dilakukan tidak mendapatkan apa-apa namun bila melakukannya akan mendapatkan pahala. Nyatanya tidak jarang bagi ummat muslim Indonesia melakukannya, misal seperti motong hewan qurban maupun melakukan puasa menjelang hari raya Idul Adha.

Berikut 5 Amalan yang Dapat Dilakukan Menjelang Hari Raya Idul Adha 2022:

1. Puasa Arafah

Puasa ini bisa dilakukan sehari sebelum tanggal 10 Dzulhijjah atau hari raya, artinya pada tahun ini puasa arafah ini bisa dilakukan pada hari Sabtu (9/7/2022) mendatang sehari sebelum hari raya Idula Adha 2022.

Meskipun puasa ini tergolong Sunnah tetapi ia memliki keutamaan jika melakukan puasa arafah ini adalah dapat menghapus dosa seseorang selama satu tahu, serta terhindar dari siksa api neraka, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga :  12 Amalan Bulan Muharram Sesuai Sunnah yang Bisa Dikerjakan, Ada Puasa dan Ziarah

2. Melafalkan Takbir, Tahlil, serta Tahmid

Amalan yang satu ini sebenarnya tergolong mudah tapi semacam sulit untuk dilakukan di tengah aktifitas keseharian. Melafalkan takbir, tahlil, dan tahmid dapat kalian lakukan menjelang hari raya Idul Adha. Tidak ada ketentuan khusus untuk dapat melakukan amalan seperti ini kapan dan dimanapun amalan ini bisa dilakukan.

Namun di Indonesia punya kebiasaan melafalkan amalan ini seperti di masjid-masjid setelah matahari terbenam hingga sampai besoknya menjelang imam naik mimbar untuk melakukan atau menyampaikan khutbahnya.

3. Anjuran Mandi dan Berhias di Pagi Hari

Maksud dari anjuran ini adalah diperuntukkan ketika akan pergi ke masjid untuk melakukan shalat ied. Selain karena memang untuk melakukan shalat dalam keadaan suci dan bersih anjuran ini dapat kalian lakukan saat menjelang shalat ied.

Menjelang shalat ied baik Idul Adha maupun Idul Fitri sangat dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu serta berhias diri seperti memakai pakaian yang terbaik dan memakai wangi-wangian seperti parfum maupun yang lainnya. Hal tersebut juga mendapatkan pahala.

4. Tidak Makan Sebelum Melaksanakan Shalat Ied

Hal ini juga menjadi anjuran bagi umat muslim menjelang hari raya Idhul Adha untuk tidak makan atau sarapan sebelum melakukan shalat ied. Di mana anjuran ini juga merupakan sabda Nabi Muhammad SAW yang dianjurkan oleh beliau secara langsung.

Baca Juga :  12 Amalan Bulan Muharram Sesuai Sunnah yang Bisa Dikerjakan, Ada Puasa dan Ziarah

Anjuran langsung dari Nabi Muhammad SAW ini akan jelas mendapatkan pahala bisa mampu melakukakannya dengan ihklas. Mengingat anjuran ini memiliki waktu relatif pendek yaitu tidak makan sebelum selesai melakukan shalat ied pada hari raya Idul Adha.

5. Pergi ke Masjid Lebih Awal dan Berjalan Kaki

Anjuran ini mempunyai maksud dan tujuan agar kalian tidak terburu-buru saat berjalan menuju Masjid untuk melakukan shalat ied dan dianjurkan untuk berjalan kaki ketika saat menuju masjid, hal utu juga mendatangkan pahala tersendiri.

Ketentuan berjalan ini juga dengan catatan bisa ditempuh dengan berjalan kaki artinya jarak dari rumah ke masjid relatif dapat bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Sesampainya di masjid kalian juga bisa melakukan anjuran untuk melafalkan takbir atau bahkan dzikir.

Kebiasaan merayakan hari raya Idul Adha menjadi kebiasaan umat muslim di seluruh dunia terlebih di Indonesia, karena dari raya tersebut hanya datang satu kali dalam setahu, mari kita gunakan kesempatan tersebut untuk memperbanyak amal kebaikan bagi kita sendiri maupun bagi orang lain.

Itulah beberapa amalan yang dapat mendatangkan pahala tersendiri selain melakukan potong hewan qurban. Dengan catatan kalian melakukannya dengan keadaan ikhlas serta hanya semata-mata karena Allah SWT. Amalan lainnya seperti anjuran di hari Idul Adha bisa kalian lihat juga di situs seperti NU Online.

(Ali/Adinda)