Hari Keanekaragaman Hayati

Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati, siswa SD Plus Rahmat Kota Kediri berbagi sayuran pada warga sekitar. (foto: Dokumentasi Humas SD Plus Rahmat Kota Kediri)

satukanal.com, Kediri – Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati, siswa SD Plus Rahmat Kota Kediri berbagi sayuran pada warga, Jumat (27/5/2022) pagi.

Sayur-sayuran ini dibawa oleh siswa. Sayur yang terkumpul kemudian dibagi-bagikan oleh perwakilan siswa kader Adiwiyata pada warga sekitar gedung SD Plus Rahmat. Sebagian lagi diserahkan pada warga yang kebetulan melintas di jalan Slamet Riyadi, tepatnya depan gedung SD Plus Rahmat.

“Acara hari ini kita namakan gerakan Peduli Hayati, memperingati Hari Keanekaragaman Hayati yang kita kemas dalam Jumat berkah,” kata Sri Wahyuni, Kepala SD Plus Rahmat Kota Kediri.

Baca Juga :  Komplotan Pelaku Pencurian Mobil L300 Antar Kota Tertangkap di Kediri
Hari Keanekaragaman Hayati
Tak hanya warga sekitar, sayuran juga dibagiikan pada pengendara motor yang melintas. (foto: Dokumentasi Humas SD Plus Rahmat Kota Kediri)

Sebelumnya, siswa kelas 1-5 SD diminta membawa dua jenis sayuran. Lantas, bersama-sama dikemas di kelas. Sebelum dibagikan pada warga sekitar, siswa diberi edukasi tentang pentingnya keanekaragaman hayati di Indonesia. Nilai edukasi ini disampaikan dalam seremonial di halaman sekolah, berupa presentasi serta lagu-lagu tentang keanekaragaman hayati.

“Tujuannya, menanamkan kesadaran pada siswa sekaligus  menanamkan rasa syukur karena kita dikaruniai begitu banyak keanekaragaman hayati, tumbuhan dan hewan. Sehingga, ikut menjaga serta melestarikan,” katanya.

Siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Nafisa, siswa kader Adiwiyata yang ikut membagikan sayuran mengaku amat senang bisa berbagi sayur pada warga sekitar. “Senang, menambah ilmu baru dan warga yang saya beri sayuran senang, saya ikut senang,” katanya.

Baca Juga :  Cegah PMK, DKPP Kota Kediri Suntik Ratusan Vaksin ke Sapi Milik Warga

Hari Keanekaragaman Hayati yang diperingati setiap tanggal 22 Mei ini disepakati oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1993. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran terkait  isu keanekaragaman hayati.

Laman resmi Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) menulis, sejak tahun 2000, Hari Keanekaragaman Hayati diperingati setiap tanggal 22 Mei untuk memperingati adopsi Konvensi pada tanggal 22 Mei 1992 di Nairobi, Kenya. (Danu)