Hanya Muncul Saat Malam Hari, Ini Gejala Baru Varian Omicron | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
PPKM luar Jawa Bali

ilustrasi Covid-19 (foto: Pixabay.com)

Satukanal.com, Nasional – Gejala varian Covid-19 Omicron membuat sebagian orang mungkin khawatir. Seperti yang telah diketahui, WHO telah memasukkan varian omicron ke dalam daftar Varian of Concern (VOC).

Varian ini menjadi perhatian karena tingkat penularanya dan virulensinya yang tinggi serta menurunkan efektivitas diagnosisi, terapi dan vaksin yang ada.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Jombang, dr Iskandar Zulkarnain menyebut, Covid varian Omicron sangat mudah menular dan tetap dapat menular kepada orang yang telah di vaksin.

“Dengan cara penularan yang sama dan tetap dapat menginfeksi individu yang sudah divaksin, namun nyaris tidak menimbulkan gejala kepada yang sudah divaksin,” ucapnya saat dikonfirmasi Satukanal.com pada Senin (20/12/2021).

Baca Juga :  Masa Jabatan Akan Selesai, 3 Nama Calon Pengganti Anies Baswedan Diserahkan ke Jokowi September

Sementara, Dr. Amir Khan, seorang dokter di Layanan Kesehatan Nasional Inggris menyoroti beberapa gejala yang membedakan varian Omicron dari flu biasa, bahkan jenis Covid-19 lainnya. Salah satunya termasuk keringat malam yang basah kuyup.

Dilansir dari NY Post, dirinya menggambarkan episode yang membedakan sebagai “keringat malam yang basah kuyup di seorang Anda mungkin harus bangun dan mengganti pakaian.

Selain itu, Dokter di Afrika Selatan, tempat varian pertama kali terdeteksi pada November lalu, juga mengatakan pasien Omicron melaporkan keringat malam yang membuat pakaian dan tempat tidur mereka basah kuyup.

Baca Juga :  Beberapa Ucapan Lebaran dalam Bahasa Jawa yang Dapat Kamu Gunakan

Ada juga pasien gejala Covid omicron di malam hari yang datang dengan batuk kering, demam, dan nyeri tubuh. Namun mereka yang sudah vaksin cenderung memiliki kondisi gejala jauh lebih ringan.

Adapun berikut ini sejumlah gejala Omicron dirangkum dari sejumlah sumber:

  1. Sakit kepala
  2. Pilek
  3. Bersin
  4. Sakit tenggorokan
  5. Kehilangan penciuman
  6. Batuk terus menerus
  7. Kelelahan
  8. Tenggorokan gatal
  9. Demam ringan
  10. Keringat malam

 

Editor : Naviska