Gerebek Pancasila Kembali Digelar Di Blitar, Dimeriahkan Pawai Lentera Dan Kirap Gunungan Lima Tumpeng | SATUKANAL.COM

Satukanal.com, Blitar – Pemkot Blitar kembali menggelar Grebeg Pancasila untuk memperingati Hari Lahir Pancasila di tahun 2022 ini.

Acara Grebeg Pancasila akan dimeriahkan dengan pawai lentera dan kirab gunungan lima yang diselenggarakan pada Selasa (31/5/2022) malam nanti dan Rabu (1/6/2022).

“Persiapan pelaksanaan Grebeg Pancasila sudah finalisasi. Rangakaian acara Grebeg Pancasila akan dimulai nanti malam dan Rabu,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, Edy Wasono.

Rangkaian acara Grebeg Pancasila diawali dengan kirab Bedhol Pusaka dari rumah masa kecil Bung Karno, Istana Gebang menuju ke Kantor Wali Kota Blitar pada nanti malam pukul 19.00 WIB.

Baca Juga :  Pererat Kerjasama, Kabupaten Blitar Terpilih Dikunjungi Dubes dan Stasiun TV Kenya

Kirab Bedhol Pusaka, yaitu, mengarak beberapa benda pusaka mulai bendera merah putih, teks Pancasila, teks pertama pidato pertama Bung Karno, dan foto Bung Karno.

“Kirab Bedhol Pusaka kami kembalikan seperti awal diadakan Grebeg Pancasila, yaitu dimulai dari Istana Gebang menuju Kantor Wali Kota Blitar. Sebelumnya, kirab Bedhol Pusaka dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota Blitar,” ujarnya.

Kirab Bedhol Pusaka juga akan dibarengi dengan kegiatan pawai lentera yang diikuti para pelajar SMP dan SMA di Kota Blitar. Rute kirab Bedhol Pusaka dan pawai lentera dimulai dari Istana Gebang, jalam Sultan Agung ke barat menuju jalan Panglima Sudirman. Sampai jalan Panglima Sudirman belok ke kanan menuju jalan A Yani. Di perempatan Jl A Yani, belok kiri menuju Kantor Wali Kota Blitar di Jl Merdeka.

Baca Juga :  Sambut HUT RI Ke 77 Tahun, Pemkot Blitar Menggelar Lomba Baris Berbaris Tingkat SD

“Setelah kirab Bedhol Pusaka akan dilakukan malam tirakatan dan macapatan di Kantor Wali Kota Blitar,” katanya.

Lalu, pada Rabu (1/6/2022) pagi, akan digelar upacara Grebeg Pancasila di Alun-alun Kota Blitar. Selesai upacara Grebeg Pancasila dilanjutkan kirab Gunungan Lima dari Alun-alun Kota Blitar menuju ke Makam Bung Karno. Gunungan Lima yang dikirab berisi hasil bumi.

“Selanjutnya, akan diadakan Kenduri Pancasila di kawasan Makam Bung Karno,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta: Bahtiar 

Editor: Ubaidhillah