Fitur Podcast Facebook Dihentikan Meski Belum Genap Satu Tahun Berjalan
May 22, 2022
podcast

Facebook hentikan fitur podcast tahun ini. (Ilustrasi: Freepik.com)

Satukanal.com, Nasional– Facebook memastikan fitur Podcast buatannya akan dimatikan pada 3 Juni 2022. Perlu diketahui bahwa layanan ini belum genap satu tahun.

Tak hanya itu, Facebook juga akan menutup fitur audio seperti Soundbites dan Hub Audio. Fitur tersebut rencana dimatikan beberapa minggu setelah Podcast. Adanya hal ini salah satu hal untuk memperbaiki kualitas untuk paranpengguna.

Lalu untuk fitur Live Audio Rooms yang merupakan tiruan Clubhouse akan disatukan ke Facebook Live. Hal ini akan mempermudah pengguna melakukan live streaming dalam bentuk video atau cukup audio.

“Setelah setahun belajar dan iterasi pengalaman audio, kami memutuskan untuk menyederhanakan rangkaian alat audio kami di Facebook,” kata juru bicara Meta, dikutip dari Suara.com.

Baca Juga :  TV Analog adalah Apa, Hingga Diberhentikan Siarannya? Ini Penjelasannya

“Kami mengintegrasikan Live Audio Rooms ke Facebook Live dan kami akan menghentikan produk audio lainnya. Kami terus mengevaluasi fitur yang kami tawarkan, sehingga dapat fokus memberikan pengalaman lebih baik,” sambungnya.

Dihapusnya konten audio dinilai karena perusahaan induk Facebook yakni Meta ingin fokus konten video pendek.

Hal ini pun menjadi upaya perusahaan untuk bersaing dengan platform lain seperti TikTok. Dalam email yang disampaikan ke kreator, Meta juga mendorong untuk beralih ke Reels.

“Suara dan cerita kalian telah menginspirasi kami dan kami tetap berkomitmen untuk membantu Anda menjangkau dan menumbuhkan audiens,” kata Meta dalam emailnya.

Kabar seperti ini dinilai para analisis suatu hal yang tak lagi mengejutkan. Hal ini mengingat pada 2020-2021 pasar audio naik daun berkat terpikatnya masyarakat global pada konten audio..

Baca Juga :  Kenapa WhatsApp Web Sulit Terhubung dengan Ponsel? Inilah Alasannya

Raksasa teknologi seperti SiriusXM dan Amazon berlomba-lomba untuk membeli jaringan podcast. Selain itu, Club hause yang menjadi aplikasi siaran langsung audio dan memiliki nilai yang begitu tinggi dalam waktu singkat.

Sedangkan Facebook sendiri yang merupakan salah satu dari raksasa teknologi pun tak ingin kalah dalam kompetisi ini.

Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, saat ini tren konten audio masyarakat melemah. Masyarakat lebih mengomentari terkait video pendek. Hal ini mungkin menjadi salah satu pertimbangan facebook untuk menghentikan fitur Podcast. (aini/adinda)