Disebut Tampilkan Konten LGBT, Film Lightyear Tak Tayang Di 14 Negara. Indonesia Termasuk? | SATUKANAL.COM
Lightyear

Lightyear (Foto: Pixar)

Satukanal.com, Nasional– Film Lightyear terancam tidak tayang di sejumlah negara kawasan Asia dan Timur Tengah, salah satunya China yang merupakan pasar film terbesar di dunia.

Sejauh ini, ada 14 negara yang tidak mengizinkan dan belum punya jadwal tayang khusus buat film animasi yang pemeran utamanya disuarakan oleh Chris Evans tersebut. Walt Disney pun belum berhasil mengantongi izin tayang di negara-negara tersebut

Alasan 14 negara tersebut melarang penayangan Lightyear diduga lantaran diduga karena film Lightyear menayangkan adegan ciuman sesama jenis yang melibatkan karakter space ranger bernama Alisha. Alisha diceritakan membangun keluarga bersama seorang perempuan.

Melansir Reuters, salah satu produser Lightyear mengungkapkan bahwa otoritas China meminta pemotongan pada adegan tersebut. Namun, Disney menolak.

Hingga saat ini, China belum memberikan tanggapan dari penolakan Disney untuk memotong adegan tersebut. Sang produser lantas menganggap bahwa Lightyear tidak akan tayang di China. China memang jadi salah satu negara yang terbilang keras soal sensor.

Film Hollywood yang tayang di sana, baik live-action atau animasi, yang bermuatan LGBT atau dinilai tidak layak ditampilkan ke publik lokal selalu dapat sensor.

Bahkan, negara tersebut tidak segan-segan mengubah akhir film kalau mereka merasa ceritanya bertentangan dengan nilai-nilai negara tersebut. Selanjutnya, Uni Emirat Arab juga melarang film Lightyear tayang karena adegan ciuman sesama.

Baca Juga :  6 Fakta Menarik Solo Leveling yang Ilustratornya Dikabarkan Meninggal

Awalnya adegan gay di Lightyear tersebut dipotong, tapi usai ribut-ribut karyawan Pixar mengklaim Disney dan Pixar memotong adegan tersebut, gambaran kasih sayang pasangan lesbian di Lightyear akhirnya dikembalikan.

Kantor Regulasi Media UEA mengumumkan pada 13 Juni 2022 bahwa Lightyear tidak akan diputar kepada publik karena dianggap melanggar standar konten media di negara-negara tersebut.

Mengutip Variety, Arab Saudi dan Kuwait turut tak mengizinkan penayangan Lightyear. Film tersebut tak pernah mengajukan hak lulus sensor kepada lembaga sensor Arab Saudi.

Selain itu, Libanon, Mesir, Malaysia, dan Indonesia dikabarkan tidak memberikan izin tayang kepada film Lightyear, walaupun belum ada pernyataan resmi.

Bagaimana Film Lightyear di Indonesia?

Disney Indonesia sebelumnya sudah mengumumkan soal penayangan Lightyear di bioskop pada Juni 2022. Saat itu, memang belum diketahui ada adegan yang dipermasalahkan dalam film ini.

Pixar dan Disney baru merilis poster dan trailer ketika media sosial Disney Indonesia memberitahukan soal penayangan Lightyear di bioskop. Belakangan ramai di Twitter para pecinta film menyatakan kekecewaan mereka, karena tidak akan bisa menyaksikan Lightyear di layar lebar.

Dalam percakapan antara satu pengguna Twitter dan pengguna Twitter lainnya disinggung pula soal adegan gay yang diperkirakan jadi alasannya.

“Gagal lagi nonton film Pixar di bioskop,” tulis salah satu akun pecinta film di Twitter. Dalam cuitannya, akun tersebut mengunggah sebuah tangkapan layar ruang obrolan yang menyebutkan bahwa Lightyear tidak tayang di Indonesia.

Baca Juga :  I Am Groot Resmi Dirilis 11 Agustus 2022, Simak Sinopsisnya Berikut

Masih dalam thread yang sama, sebuah unggahan Instagram Story tampak menjelaskan soal nasib Lightyear di bioskop Tanah Air.

“Per hari ini, semua poster film Lightyear ditarik, dan ya batal tayang. Usut punya usut, kabarnya pihak Disney Indonesia ingin film ini ratingnya SU (semua umur) dan adegan LGBT+ tidak disensor, tapi pihak bioskop Indonesia mengaku tidak bisa, harus disensor dan (diberi) rating 13+, pihak Disney menolak,” tulis unggahan itu.

Disney Indonesia maupun pihak bioskop belum memberikan pernyataan apapun soal penayangan Lightyear di Indonesia hingga perihal sensor ini.

Sebagai informasi, Lightyear merupakan film spin-off dari Toy Story yang ceritanya akan fokus pada Buzz Lightyear. Film ini menjadi  film Pixar pertama Chris Evans sebagai pengisi suara animasi.

Film ini disutradarai oleh Angus MacLane dan diproduseri Galyn Susman. Film Lightyear memberikan sentuhan yang berbeda pada musiknya karena dikomposisi oleh komposer pemenang penghargaan Michael Giacchino.

Dalam film tersebut, Buzz diceritakan menjadi seorang space ranger sungguhan yang tinggal di luar angkasa untuk menjalankan misi melawan alien.

Adapun, Lightyear dijadwalkan akan tayang perdana di bioskop Amerika Serikat dan Kanada pada Jumat (17/6/2022) mendatang. Kedua negara tersebut mengizinkan penayangan film ini.

(adinda)