9 Film Bertema Mental Health Yang Menarik Untuk Ditonton | SATUKANAL.COM
Film Bertema Mental Health

Film Joker (Foto: IMDb)

Satukanal.com, Nasional– di abwah ini rekoemndasi Film Bertema Mental Health. Mental Health menjadi tema film yang kerap diangkat. Bagaimana pun masih banyak yang menganggap kesehatan mental adalah sesuatu yang aneh untuk dibicarakan. Padahal anggapan ini salah.

Berikut ini beberapa rekomendasi Film Bertema Mental Health yang patut untuk ditonton. Jadi, tak hanya menghibur, namun juga bisa menambah pengetahuan.

Film Bertema Mental Health

1. Ku Kira Kau Rumah

Kukira Kau Rumah merupakan film layar lebar yang ditulis sekaligus disutradarai oleh Umay Shahab. Film ini diperankan oleh Prilly Latuconsina yang berperan sebagai Niskala, seorang gadis yang memiliki gangguan bipolar dan Jourdy Pranata yang berperan sebagai Pram, laki-laki yang mengisi hari-harinya dengan musik.

Pram merupakan seseorang yang kesepian karena ayahnya meninggal dunia pada saat dia belajar di sekolah menengah dan ibunya merupakan orang yang sibuk.

Film ini juga dibintangi oleh Shenina Cinnamon yang berperan sebagai Dinda. Film ini bisa kamu tonton di bioskop karena sudah tayang sejak 3 Februari 2022.

2. Thank You Salma

Thank You Salma merupakan sekuel ketiga dari trilogi Dear Nathan. Film Bertema Mental Health ini diadaptasi dari cerita Wattpad. Film ini menceritakan kisah cinta dua remaja bernama Nathan yang diperankan oleh Jefri Nichol dan Salma yang diperankan oleh Amanda Rawles.

Dalam trilogi terakhir film Dear Nathan ini, isu yang diambil juga sangat krusial yaitu isu perempuan dan pelecehan seksual. Film ini rilis di bioskop pada 13 Januari 2022.

3. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau yang akrab disingkat NKCTHI menceritakan sebuah keluarga yang memiliki tiga orang anak, yaitu Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara) dan Awan (Rachel Amanda).

Baca Juga :  Tower of Fantasy Pamerkan Gameplay Open World Menarik dengan Fitur Baru yang Menarik

Konflik mulai muncul ketika Awan, anak bungsu dari keluarga tersebut mengenal dunia baru dan dekat dengan laki-laki bernama Kale yang diperankan oleh Ardhito Pramono.

4. Imperfect

Film Imperfect diperankan oleh Jessica Mila sebagai Rara. Dalam film tersebut, dikisahkan bahwa Rara memiliki kulit sawo matang dan tubuh yang gemuk. Ia seringkali dibandingkan dengan adiknya yang sangat cantik yang diperankan oleh Yasmin Napper sebagai Lulu.

Meskipun demikian, Rara tidak peduli ketika orang-orang membandingkan dirinya dengan sang adik. Rara juga memiliki pacar yang sangat suportif bernama Dika, yang diperankan oleh Reza Rahardian. Akan tetapi, lama-kelamaan, keadaan menuntut Rara harus memiliki fisik yang sempurna.

5. Posesif

Posesif merupakan Film Bertema Mental Health. Film karya Gina S. Noer ini disutradarai oleh Edwin. Film ini menceritakan kisah cinta antara dua remaja SMA yang bernama Lala, yang diperankan oleh Putri Mariono dan Yudhis, yang diperankan oleh Adipati Dolken. Namun, alih-alih bahagia, keduanya malah terjebak dalam hubungan yang tidak sehat yaitu toxic relationship.

6. My Idiot Brother

Film My Idiot Brother diadaptasi dari novel karya Agnes Davonar. Film Bertema Mental Health ini mengisahkan seorang gadis berusia 15 tahun yang bernama Angel, diperankan oleh Adila Fitri.

Angel memiliki seorang kakak yang mempunyai keterbelakangan mental bernama Hendra, yang diperankan oleh Ali Mensan. Angel sangat membenci dan malu mengakui Hendra sebagai kakaknya. Meskipun demikian, Hendra sangat menyayangi adiknya, Angel.

Baca Juga :  Ramai #BlokirKominfo di Twitter, Warganet Gaungkan Protes Hingga Buat Meme

7. It’s Okay Not To Be Okay

Salah satu serial Korea yang bisa dilirik dengan tema kesehatan mental adalah It’s Okay Not To Be Okay. Bercerita tentang Moon Kang Tae yang bekerja di rumah sakit jiwa.

Ia memiliki kakak yang berkebutuhan khusus dan juga bertemu dengan perempuan dengan kesehatan mental terganggu. Perempuan yang bernama Go Moon Young ini memiliki sikap yang mungkin tak mudah diterima logika.

Semuanya bermuara karena sikap yang dilakukan oleh ibunya sedari ia kecil. Ibu yang dianggapnya sudah hilang, ternyata kembali muncul dengan fakta yang mengejutkan.

8. Black Swan

Film Bertema Mental Health yakni Black Swan. Film ini dibintangi oleh Natalie Portman. Berkisah tentang seorang balerina bernama Nina Sayers yang mengalami halusinasi serta Anoreksia. Penyakit mental yang ia alami ini karena tekanan selama ia berjuang dan bersaing untuk menjadi memerankan Black Swan. Ambisi Nina terlalu besar sampai ia merusak kuku kakinya.

9. Joker

Film Bertema Mental Health terakhir adalah Joker. Joker adalah film psychological thriller yang mengisahkan sosok Joker, villain yang mungkin sering ditemui di berbagai film Batman.

Dikisahkan Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) adalah pria penderita pseudobular affect yang kerap mendapatkan perlakuan kurang baik dari orang-orang di sekitarnya. Pseudobular affect adalah gangguan yang mengakibatkan penderitanya kerap merespon peristiwa dengan tawa atau tangis tak terkendali.

Arthur yang sering mengalami kekerasan dan berbagai kejadian buruk akhirnya berakibat pada memburuknya kondisi mentalnya. Akibatnya, ia pun mulai berubah menjadi orang jahat. Ia tak segan untuk menyakiti ataupun membunuh orang-orang yang dulu pernah menyakitinya.

 

(Adinda)