SATUKANAL.COM
Film Autobiografi Bojonegoro
Kanal Film BERITA Hiburan

Film Autobiografi Bojonegoro, Berlokasi Syuting di Salah Satu Wilayah Jawa Timur

Satukanal.com, Nasional– Berbicara mengenai film Autobiografi Bojonegoro, banyak diantara kalian yang mungkin bertanya-tanya apakah film ini berkaitan tentang Bojonegoro? Salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur. Namun, asumsi tersebut tidak benar.

Film Autobiografi merupakan garapan dari sutradara Makbul Mubarak yang telah tayang di bioskop sejak 19 Januari 2023. Bergenre suspense-thriller, film ini menyuguhkan cerita yang mengeksplorasi seputar relasi antarmanusia dan kekuasaan.

Dalam film perdananya ini, Makbul menyuguhkan suasana yang menegangkan sekaligus meneror dengan eksplorasi emosi yang kuat pada tiap-tiap karakternya.

Proses syutingnya sendiri berjalan selama 40 hari lebih yang dilakukan secara penuh di Bojonegoro, Jawa Timur. Ada alasan tersendiri mengapa Makbul memilih Bojonegoro sebagai lokasi syuting Autobiography.

Menurutnya, Bojonegoro adalah salah satu daerah di Indonesia yang cenderung memiliki kondisi cuaca yang panas, sehingga mampu mendukung suasana yang coba dibangun dalam film Autobiografi Bojonegoro.

Sebelum memutuskan Bojonegoro sebagai lokasi syuting, Makbul sendiri melakukan survei ke beberapa daerah seperti Temanggung, Magelang, Wonosobo dan Jepara.

Baginya, temperatur dalam satu daerah yang dipilih sebagai lokasi syuting dapat memberikan pengaruh tertentu dalam film. Hal tersebut membuat kru dari film Autobiography pun banyak melibatkan masyarakat Bojonegoro hingga 50 persen dari keseluruhan tim.

Baca Juga :  The Last of Us episode 3 Tayang Hari Ini, Ini Sinopsis dan Link Nonton Serial Zombie Mengerikan

Meski begitu, sejatinya latar cerita dalam film Autobiography tidak merujuk pada satu tempat tertentu. Hal itu sengaja dibuat oleh Makbul untuk memberikan isyarat bahwa cerita yang ada di dalam filmnya bisa terjadi dimana saja.

“Di dalam film ini, universe-nya enggak jelas ada dimana. Dia ada di sebuah kota kecil. Saya suka dengan cerita-cerita seperti itu karena ada kesan itu bisa terjadi dimana saja,” ujar pria berusia 32 tahun itu dilansir dari kanal Youtube HahahaTV.

Sinopsis Film Autobiografi Bojonegoro

Adapun sinopsis Film Autobiografi Bojonegoro sebagai berikut. Autobiography berkisah tentang Rakib (Kevin Ardilova) yang bekerja menjaga rumah kosong milik seorang pensiunan bernama Purna (Arswendy Bening Swara).

Suatu hari, Purna pulang kampung untuk mencalonkan diri menjadi bupati di daerah itu. Rumah yang Rakib jaga pun tak lagi kosong. Setiap hari, Rakib menemani Purna dalam banyak kegiatan seperti berkampanye, memasang spanduk, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  BTS Yet to Come in Cinemas Resmi Tayang di Bioskop Indonesia 1 Februari

Dalam sosok Purna, Rakib melihat sosok seorang ayah yang didambakannya. Hingga pada suatu hari, sebuah kejadian tak terduga mengubah semua itu.

Sebelumnya, Sutradara Makbul Mubarak mengatakan bahwa kisah dari Film Autobiografi Bojonegoro terinspirasi dari hubungan dirinya dengan sang ayah.

Menjadi debutnya menggarap film panjang, dia mengaku ingin membuat film yang berangkat dari kisah personal, yang menurutnya bisa relate dengan banyak orang. Makbul mengatakan bahwa Film Autobiografi Bojonegoro ini bisa relevan dengan banyak orang lantaran kisahnya yang dialami oleh banyak orang.

Daftar Pemain Film Autobiografi

  • Kevin Ardilova sebagai Rakib
  • Arswendy Bening Swara sebagai Purnawinata
  • Yusuf Mahardika sebagai Agus
  • Lukman Sardi sebagai Soewito
  • Yudi Ahmad Tajudin sebagai Nala
  • Rukman Rosadi sebagai Pak Amir
  • Haru Sandra sebagai Andri
  • Gunawan Maryanto

Nah, itulah ulasan mengenai film Autobiography Bojonegoro serta pemain dalam film ini. Film Autobiography ini pun sudah bisa disaksika di bioskop jaringan CGV di seluruh Indonesia muali 19 Januari 2023.

Kanal Terkait

Satukanal.com