8 Fakta Menarik Film Pengabdi Setan 2 Communion, Nomor 2 Bikin Merinding! | SATUKANAL.COM
Joko Anwar

Pengabdi Setan 2 Communion (Foto: tangkapan layar YouTube)

Satukanal.com, Nasional– Pengabdi Setan 2 Communion merupakan film horor Indonesia yang menjadi sekuel dari “Pengabdi Setan” yang tayang di bioskop pada 28 September 2017.

Diketahui film Pengabdi Setan yang pertama berhasil menembus pasar internasional dan tayang di berbagai negara. Film itu juga berhasil mendapatkan apresiasi yang begitu tinggi, sehingga pencapaian itu tentu akan dipertahankan Joko Anwar dalam sekuel terbarunya.

Film horor Pengabdi Setan 2 Communion, garapan sutradara Joko Anwar ini akan dibintangi oleh artis ternama Tanah Air. Mulai dari Ariel Tatum, Nicholas Saputra, Tara Basro, Prilly Latuconsina, Adhisty Zara, Iqbaal Ramadhan, Umay Shahab, Adini Wirasti, Rio Dewanto hingga Ganindra Bimo.

Fakta menarik Film Pengabdi Setan 2 Communion

Adapun film Pengabdi Setan 2 sudah tayang dalam format IMAX pada 30 Juli 2022. Berikut fakta menarik soal film Pengabdi Setan 2 Communion garapan sutradara Joko Anwar tersebut:

1. Tayang di IMAX.

Pengabdi Setan 2: Communion adalah film pertama dari Indonesia sekaligus Asia Tenggara yang telah menjalani proses Digital Remastering (DMR) menggunakan teknologi IMAX dan ditayangkan di wilayah ASEAN. Untuk menjadi yang pertama menonton film ini di layar IMAX akan tersedia secara terbatas di seluruh studio IMAX di Cinema XXI pada 30 Juli 2022.

2. Lokasi syuting di rusun 15 lantai yang terbengkalai

Melalui konferensi pers para pemain Pengabdi Setan 2 yang dilakukan di salah satu bioskop di Jakarta, Tara Basro mengungkap dirinya sempat tidak percaya bahwa lokasi syuting Pengabdi Setan 2 akan benar-benar dilakukan di rusun terbengkalai tersebut.

Baca Juga :  Film Pengabdi Setan 2 IMAX Jadi yang Pertama di Indonesia, Apa Keunggulannya?

Ia juga mengaku rusun tersebut juga memberikan nuansa yang berbeda karena terasa hawa horror karena sudah lama tidak ditinggali. Alhasil, suasana tersebut membuatnya lebih menjiwai peran dalam film horor ini.

Tak hanya itu, di kesempatan yang sama, Joko Anwar selaku sutradara juga mengungkap, penjaga rusun telah meminta para pemain serta kru untuk tidak memasuki lantai 7 rusun tersebut karena satu dan lain hal.

3. Kesulitan menemukan peran Wina

Sutradara “Pengabdi setan 2 Communion,” Joko Anwar kesulitan untuk mencari peran Wina dalam film yang digarapnya.  Saat memulai syuting, terdapat 20 anak yang mengkuti audirsir tapi tidak ada satupun yang mendaftar.

Setelah tidak ada satupun yang mendaftar, Tara Basro melihat Nafiza, pemeran Wina di salah satu video musik Isyana. Akhirnya Nafiza mengikuti audisi film “Pengabdi Setan 2: Communion.” Nazifa Fatiah Rani merupakan nama lengkap pemeran Wina yang saat ini masih bersekolah di SMPN 1 Bandar Lampung.

4. Butuh waktu berbulan-bulan untuk menentukan lokasi syuting yang tepat

Joko Anwar membutuhkan waktu hingga 4 bulan lamanya mencari lokasi syuting yang cocok untuk film “Pengabdi setan 2: Communion.” Setelah lama mencari, akhirnya Joko Anwar memilih rumah susun di daerah jakarta yang memiliki karakter paling kuat diantara kandidat lainnya.

5. Telan biaya lebih besar dibanding sekuel sebelumnya

Biaya yang dikeluarkan demi merealisasikan film Pengabdi Setan 2, lebih mahal dari Pengabdi Setan yang pertama. Hal ini disebutkan oleh Joko Anwar sang Sutradara.

Salah satu penyebabnya adalah lamanya proses syuting yang memakan waktu hingga 35 hari sehingga membuat biaya operasional membengkak. Meski tidak menyebutkan berapa nominalnya, namun Joko mengakui bahwa dirinya optimis film ini akan lebih booming dibanding sekuel sebelumnya.

Baca Juga :  Film Pele Birth of a Legend di Bioskop Trans TV Malam Ini, Kisah Legenda Sepak Bola Brazil

6. Disebut lebih baik dari sekuel film yang pertama

Joko Anwar juga mengungkap bahwa dirinya dan tim telah menyiapkan film Pengabdi Setan 2 Communion dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan peningkatan kualitas serta pengambilan video yang lebih baik dari sebelumnya.

Ia mengakui bahwa ada beberapa kesalahan minor di sekuel pertama, dan kini berusaha memperbaikinya di sekuel kedua ini. Hal itu membuat ada beberapa perbedaan signifikan secara penggambaran cerita dari yang sebelumnya.

7. Pemain baru di Pengabdi Setan 2.

Sama seperti Pengabdi Setan pertama, film kali ini juga dibintangi oleh Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egi Fredly, dan Ayu Laksmi.

Namun, ada deretan pemain baru yang bakal meramaikan Film Pengabdi Setan 2: Communion, yakni Muzakki Ramdhan, Fatih Unru, hingga Ratu Felisha.

8. Digadang-gadang sebagai film terbaik Indonesia 2022

Joko bersama timnya optimis, film ini akan kembali meledak di pasaran. Apalagi jika melihat film sebelumnya yang meledak di pasaran. Mereka juga berniat untuk mendorong film ini agar kembali ditayangkan di luar negeri.

Demikianlah ulasan mengenai fakta-fakta film Pengabdi Setan 2 Communion. Penasaran dengan aksi Tara Basro dan pemain Pengabdi Setan 2 lainnya? Tunggu dan saksikan penayangannya di bioskop Agustus 2022 ini.

 

(Adinda)