Fakta Menarik Mencuri Raden Saleh, Film Yang Bakal Tayang Di Agustus Ini | SATUKANAL.COM
Fakta Menarik Mencuri Raden Saleh

Film Mencuri Raden Saleh (Foto: Tangkapan Layar Youtube Visinema Pictures)

Satukanal.com, Nasional– Fakta menarik Mencuri Raden Saleh ini bikin anda penasaran penasaran dengan cerita filmnya. Adapun, film Mencuri Raden Saleh akan tayang secara serentak pada 25 Agustus 2022 mendatang.

Meskipun begitu, film ini telah melakukan penayangan terbatas di 17 kota, tepat pada hari Kemerdekaan RI ke-77 pada Rabu (17/8/2022). Film karya sutradara Angga Dwimas Sasongko punya durasi 154 menit.

Fakta Menarik Mencuri Raden Saleh

Fakta menarik Mencuri Raden Saleh sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu sebelum menonton film ini. Dari judulnya saja tentu publik penasaran, sebenarnya apa cerita yang akan ditampilkan dalam film ini? Lantas, apa Fakta Menarik Mencuri Raden Saleh ini? Berikut ulasannya.

1. Pencurian Terbesar

Mencuri Raden Saleh bercerita tentang sekelompok pemuda yang berencana mencuri lukisan tak ternilai dari Istana Kepresidenan. Lukisan yang disimpan di Istana Kepresidenan merupakan lukisan bersejarah “Penangkapan Pangeran Diponegoro” karya pelukis Raden Saleh.

Mengutip dari situs IMDb, enam pemuda tersebut harus mencuri artefak penting Indonesia itu lantaran butuh uang. Tapi rencana mereka dihadapkan dengan begitu banyak rintangan. Semua itu berawal dari pekerjaan membuat lukisan palsu yang dilakoni tokoh Piko (diperankan Iqbaal Ramadhan) dan Ucup (Angga Yunanda).

“Mungkin banyak yang bertanya-tanya seberapa hebat lukisan Raden Saleh itu.  FYI lukisan dia termahal di balai lelang Perancis pernah terjual seharga Rp150 M. Dia masih tercatat sebagai seniman Indonesia tersohor dan termahal sampai sekarang belum ada yang bisa mengambil alih tahta ini,” tulis gajou satoru seorang warganet di kolom komentar teaser Mencuri Raden Saleh di kanal resmi Visinema Pictures di Youtube.

2. Ide Ceritanya Unik

Fakta Menarik Mencuri Raden Saleh adalah ide ceritanya yang unik. Di akun Twitter pribadinya, Angga mengungkap asal mula ide cerita. “Bermula dari ngalor ngidul sama @_haye_ pas pulang dari Jogja di tahun 2018, tercetuslah ide bikin film tentang nyolong lukisan Raden Saleh. Tapi ternyata proses membuat cerita jadi skenario sampai production design, gak segampang ngalor ngidul,” tulis Angga dilansir dari akun Twitter-nya.

Naskah cerita yang ditulis oleh Muhammad Husain Atmodjo dan sang sutradaranya sendiri, Angga Dwimas Sasongko ini terbilang unik karena bercerita tentang cara mencuri lukisan karya pelukis legendaris.

“Butuh 3 tahun lebih project ini digodok. Berpindah dari satu penulis ke penulis lain. Dari satu produser ke produser lain. Dan butuh 1 tahun untuk mengumpulkan 6 anak muda keren di belakang saya,” lanjutnya.

Adapun, dalam acara konferensi pers virtual yang diadakan pada 18 November 2019 lalu, Angga menjelaskan kenapa ada enam orang yang bakal jadi tokoh utama. .

“Kenapa enam orang? Karena menarik sekali melihat 6 karakter ini. Enam aktor ini, jadi satu dalam sebuah frame dengan sebuah cerita di mana mereka ingin mencuri sesuatu yang besar, atau sesuatu yang penting ada di dalam istana presiden gitu,” ujar Angga di video yang diunggah di akun Instagram resmi Mencuri Raden Saleh, (17/5/2021).

3. Tentang Raden Saleh

Fakta Menarik Mencuri Raden Saleh selanjutnya adalah tentang sosok Raden Saleh. Sosok Raden Saleh sendiri merupakan pelukis beretnis Arab-Jawa yang menjadi pionir seni modern Indonesia yang saat itu masih bernama Hindia Belanda.

Lukisannya adalah karya seni perpaduan Romantisisme yang sedang populer di Eropa saat itu dengan tambahan elemen-elemen yang menunjukkan latar belakang Jawa si pelukis.

Dilahirkan dalam sebuah keluarga Jawa ningrat.  Raden Saleh merupakan cucu dari Sayyid Abdoellah Boestaman dari sisi ibunya. Ayahnya adalah Sayyid Hoesen bin Alwi bin Awal bin Jahja, seorang keturunan Arab.

Raden Saleh sempat belajar hingga ke Belanda untuk memperdalam bahasa Belanda dan belajar teknik mencetak menggunakan batu. Sedangkan perkenalannya dengan dunia melukis, selama lima tahun pertama ia pelajari melukis potret dari Cornelis Kruseman.

“Salah satu yang buat gue nggak boleh melewatkan kesempatan emas ini Raden Salehnya sendiri sih,” ujar Angga Yunanda dikutip dari tayangan YouTube Mengejar Raden Saleh (19/8/2022).

Demikianlah ulasan mengenai Fakta Menarik Mencuri Raden Saleh yang perlu anda ketahui. Penasaran dengan film ini? Nantikan di bioskop di kota anda segera.

 

(Adin)

 

Advertisements