Kukuhkan Duta Stunting Kota Kediri, Bunda Fey : Menangani Stunting Harus Kerjasama | SATUKANAL.COM
Duta Stunting Kota Kediri

Duta Stunting Kota Kediri

Satukanal.com, Kota Kediri — Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar mengukuhkan Duta Stunting Kota Kediri tahun 2022 pada Rabu, (29/6/2022). Pengukuhan yang bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 tersebut bertempat di Taman Brantas.

Duta Stunting Kota Kediri tahun 2022

Dimana Duta Stunting Kota Kediri tahun 2022 ini berasal dari 3 kecamatan dan 46 kelurahan tersebut diharapkan bisa saling bekerja sama untuk memberikan pemahaman maupun pendampingan terhadap upaya penurunan angka stunting di Kota Kediri.

“Menangani stunting ini bukan hal yang mudah. Tapi saya yakin apabila dikerjakan bersama-sama kita bisa menurunkan angka stunting,” ujar Ketua TP PKK Kota Kediri tersebut.

Penanganan stunting ini merupakan tugas dari PKK

Pada kesempatan tersebut perempuan yang akrab disapa Bunda Fey ini menekankan tiga poin penting. Yaitu, penanganan stunting ini merupakan tugas dari PKK, kader kesehatan dan Pemerintah Kota Kediri. “Sebulan sekali kita ajak anak ke posyandu untuk mengukur berat dan tinggi badan. Nanti dicatat dan parameternya menggunakan z score. Kalau hanya pendek saja tapi anak ini tidak terjadi gagal tumbuh ya ini bukan stunting. Harus hati-hati,” ungkapnya.

Ia juga melanjutkan dengan meminta semua OPD yang terlibat penanganan stunting untuk berkolaborasi. Data anak-anak yang menderita stunting harus aktual, sehingga dalam melakukan intervensi bisa tepat sasaran.

Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ini kembali mengingatkan bahwa pemberian makanan tambahan untuk penanganan gizi kurang, gizi buruk, dan stunting bukan dengan susu formula. Namun orang tua harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan.

Sebagai tambahan informasi bahwa Kota Kediri saat ini mengalami angka stunting 14 persen dibawah angka stunting Provinsi Jawa Timur dengan angka 23 persen, sedangkan angka stunting secara nasional mencapai 24 persen.

(Adv)