Link Download Novel Ranah 3 Warna, Yang Kini Diadaptasi Jadi Sebuah Film | SATUKANAL.COM
Download Novel Ranah 3 Warna

Novel Ranah 3 Warna (Foto: tangkapan layar)

Satukanal.com, Nasional– Berikut ini link download novel Ranah 3 Warna.  Ranah 3 Warna sendiri telah diadaptasi menjadi sebuah film yang sudah bisa disaksikan di bioskop.

Film ini yang memotret berbagai kegundahan hati dari perjalanan seorang anak muda. Nah, di bawah ini akan disajikan ulasan verta novel Ranah 3 Warna serta link Download Novel Ranah 3 Warna.

Novel Ranah 3 Warna

Novel Ranah 3 Warna diawali dengan kisah Alif yang baru saja menyelesaikan pesantren di Pondok Madani. Selepas itu Alif dilingkupi banyak cita-cita, salah satunya adalah melanjutkan pendidikan di ITB, seperti Habibie, dan kemudian hijrah ke Amerika.

Namun Randai sahabat karibnya meragukan kemampuan Alif untuk melanjutkan ke ITB. Apalagi Alif tidak memiliki ijazah SMA. Keinginan Alif begitu kuat untuk kuliah di perguruan tinggi negeri.

Dengan semangat “man jadda wajada” dia bertekad mengikuti ujian persamaan Sekolah Menengah Atas (SMA), supaya bisa mendaftar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN). Untuk itu dia harus belajar lebih keras selama dua bulan supaya bisa lulus ujian persamaan. Dan akhirnya Alif lulus ujian persamaan meskipun dengan nilai pas-pasan.

Melihat nilai yang pas-pasan dan lemahnya dalam hitungan, akhirnya Alif memilih jurusan Hubungan Internasional (HI). Sebelum ujian persamaan, dia berkeinginan untuk kuliah jurusan teknik penerbangan di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Demi bisa lulus seleksi UMPTN dia belajar lebih keras lagi. Lebih keras dari belajar saat akan mengikuti ujian persamaan SMA lalu.

Baca Juga :  13 Film tentang Kemerdekaan Indonesia, Pilihan Tepat Jadi Tontonan Keluarga!

Usaha Alif membuahkan hasil yaitu diterima di jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran (Unpad) di Bandung, Jawa Barat. Meskipun bukan ITB, tetapi Alif bersyukur akhirnya ia dapat kuliah di perguruan tinggi negeri.

Tiba saatnya Alif mulai kuliah di Bandung, Alif tinggal bersama Randai dalam satu kamar kos. Karena belum mendapatkan kamar kos, Alif memasuki dunia baru menjadi mahasiswa.

Alif harus melewati serangkaian ospek untuk bisa mengenal kampus dan mengenal teman-temannya. Ada Wira, Agam dan Memet. Saat pertama kali masuk kampus Alif dirundung permasalahan uang bulanan.

Ia mencari penghasilan tambahan untuk biaya hidupnya, sedangakan uang dari orangtuanya hanya pas-pasan sehingga tak cukup jika digunakan.

Alif juga belajar menulis kepada Bang Togar. Bang Togar bukan hanya mengajari menulis saja namun Bang Togar juga mengajari Alif tentang makna kehidupan.

Tak terasa Alif sudah melewati semester satu. Dia senang karena mendapat nilai baik. Suatu hari Amak mengirimkan telegram kepada Alif. Amak berencana ke Bandung untuk mengunjunginya dan Alif sangat senang, dia meminta Randai untuk meminjamkan kamarnya.

Namun setelah beberapa hari Amak mengirimkan telegram, Alif disuruh pulang karena ayah sakit. Dengan bekal uang pinjaman uang dari Randai, Alif pun pergi ke Maninjau.

Setelah sampai di Maninjau, Alif langsung pergi ke rumah sakit tempat Ayah dirawat. Di rumah sakit, ia melihat Ayahnya terbaring lemah, ia pun menghampiri Ayahnya dengan wajah sangat sedih.

Baca Juga :  Viral Usai Nyanyikan Lagu Ojo Dibandingke di HUT RI, Begini Wejangan Jokowi Untuk Farel Prayoga

Alif menceritakan pengalaman yang telah ia dapatkan selama kuliah di Bandung. Setelah beberapa hari, akhirnya Ayah boleh pulang ke rumah, mendengar kabar tersebut Alif sangat senang. Lantas, bagaimana kelanjutan kisah Alif? Untuk mengetahuinya, download novel Ranah 3 Warna.

Download Novel Ranah 3 Warna

Novel Ranah 3 Warna cocok dibaca oleh semua kalangan baik dari kalangan anak kecil maupun orang dewasa. Ceritanya ringan dan mudah dipahami dengan permasalahan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. segi pesan atau amanat, novel ini mampu memberikan efek positif atau motivasi bagi pembacanya.

Novel ini menggambarkan kehidupan pesantren yang berbeda. Selama ini pesantren dikenal dengan lingkungan yang keras tetapi Ahmad Fuadi menekankan di dalam buku ini bahwa didikan pesantren yang keras serta ilmu-ilmu dan petuah yang didapatkan, ia dapat bertahan menghadapi berbagai macam cobaan hidup.

Novel Ranah 3 Warna ditulis oleh Ahmad Fuadi diterbitkan di tahun 2011 dengan penerbit Gramedia Pustaka Utama. Novel ini bisa didapatkan di toko buku tterdekat di kota Anda. Anda juga bisa download novel Ranah 3 Warna di link ini. Anda juga bisa Download Novel Ranah 3 Warna di link ini.

Demikian ulasan mengenai novel Ranah 3 warna yang kini diadaptasi menjadi sebuah film. Adapun link download novel Ranah 3 Warna yang dicantumkan dalam artikel ini. Jika Anda penasaran dengan ulasan Ranah3 Warna di novel, mungkin Anda bisa coba mengunduhnya.

 

(Adinda)