Dorong Pelaku Usaha Punya NIB, Bupati Mojokerto Dapat Apresiasi Dari Kementerian Investasi RI | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
bupati mojokerto NIB

Bupati Mojokerto Dapat Apresiasi dari Kementerian Investasi RI (Foto: Humas Pemkab Mojokerto)

Satukanal.com, Mojokerto – Rabu (22/21/2021) Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, mendapat apresiasi atas partisipasi dalam penertiban dan pembagian Nomor Induk Berusaha (NIB) Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) perorangan, dari Kementerian Investasi/BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal).

Acara yang berlangsung di ruang Graha Sepuluh November, Kampus ITS Surabaya ini diawali pembagian NIB UMK Perseorangan, kepada para pelaku UMKM yang hadir.

“Kurang lebih 120 juta UMKM kita di Indonesia, menyumbang 60% sektor perekonomian. Jadi jelas, UMKM adalah tulang punggung ekonomi kita,” terang Bahlil dalam sambutannya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir yang juga hadir dalam acara mengatakan, BUMN berkomitmen untuk mendukung UMKM dalam hal pembiayaan keuangan.

Baca Juga :  Luar Biasa! Batik Motif Panji dari Pelosok Desa di Kabupaten Kediri Tembus Mancanegara

“Kementerian BUMN berkomitmen dalam program bersih-bersih BUMN, sebagai salah satu wujud mendukung UMKM. Jangan sampai BUMN untung, tapi UMKM buntung,” jelas Erick Tohir.

Pihak Kementerian BUMN juga telah bekerjasama dengan perbankan. Hal tersebut guna memperluas peluang bagi para pelaku UMKM.

“Kita kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya pembiayaan perbankan. Sekarang sudah gabung sekitar 13.700 UMKM dengan nilai Rp 17 triliun lebih. Antara Pemerintah Pusat, Pemda dan pengusaha juga harus kolaborasi. Jangan takut, karena ekonomi kita Insyallah akan terus tumbuh hingga tahun 2045 nanti,” ungkapnya.

Sebagai infomasi, NIB adalah identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Setelah memiliki NIB, maka pelaku usaha bisa mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional sesuai dengan bidang usaha masing-masing. NIB terdiri dari 13 digit angka yang juga merekam tanda tangan elektronik serta dilengkapi dengan pengaman.

Baca Juga :  Bermodal Awal Rp 100 ribu, Penjual Sempol Mojokerto Ini Bisa Raup Untung Puluhan Juta Sebulan

NIB bisa digunakan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan hak akses kepabeanan. Setelah memiliki NIB, pelaku usaha akan terdaftar sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan. Masa berlaku dari NIB adalah selama para pelaku usaha menjalankan bisnisnya. Dalam proses pembuatan, NIB tidak dipungut biaya apapun.

 

 

Editor : Naviska