Cara Mencegah Dan Doa Agar Terhindar Penyakit Ain
Penyakit Ain

Ilustrasi Penyakit Ain. (Ilustrasi: Pixabay.com)

Satukanal.com, Nasional–  Penyakit ain adalah penyakit yang tidak asing lagi bagi umat Islam. Penyakit ini merupakan gangguan yang disebabkan oleh pandangan mata disertai perasaan iri dan dengki.

Pandangan mata pada seseorang dipercaya dapat memengaruhi perasaan dan pikiran yang berdampak negatif bagi kesehatan. Secara umum, penyakit ain adalah penyakit yang bisa menimpa seseorang dan menjadikan Ia memiliki kecemburuan besar kepada orang lain.

Penyakit ain dapat memberikan efek pada tubuh manusia. Penyakit ini dapat menyebabkan beberapa akibat yang mengganggu kesehatan, seperti sakit, celaka, hingga kematian.

Cara Mencegah Penyakit Ain

Awal mula Penyakit ain adalah adanya hasad atau perasaan iri dan dengki atas sesuatu yang dimiliki oleh orang lain. Seseorang yang memiliki perasaan tersebut tentu memiliki pandangan kebencian atas kebahagiaan seseorang.

Cara mencegah penyakit ain adalah dengan mendoakan keberkahan bagi diri sendiri dan senantiasa meminta perlindungan oleh Allah SWT.

Baca Juga :  3 Cara Membuat Air Mawar, Punya Segudang Manfaat Untuk Wajah!

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jika seorang dari kalian melihat pada diri saudaranya suatu hal yang menakjubkan maka doakanlah keberkahan baginya, karena ‘ain itu benar adanya.” (QS. An Nasa-i No.10872 disahihkan Al Albani dalam Shahih An-Nasa-i).

Dilansir dari suara.com, cara menghindari penyakit ain ini dengan menghilangkan perasaan iri dan dengki atau hasad.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagia dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagia dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu” (QS. An Nisa’: 32).

Baca Juga :  7 Mie Instan Terbaik 2022 Versi Ramen Blgger Populer, Indomie Posisi Berapa?

Untuk menghindari penyakit ain juga dapat dilakukan dengan tidak menyebutkan kekayaan, kesuksesan usaha, kebahagiaan keluarga, dan memamerkan foto diri, foto keluarga, atau hal-hal lain yang bisa menimbulkan iri serta dengki dari seseorang yang melihatnya.

Doa Terhindar dari Penyakit Ain

Penyakit ain dapat menimpa siapa pun tak terkecuali anak-anak. Oleh karena itu setiap orang tua harus mendoakan anak-anak mereka agar terhindar dari penyakit ini dan selalu mendapatkan perlindungan oleh Allah SWT.

Orang tua juga dapat membacakan doa agar anak-anak terhindar dari penyakit ain seperti yang pernah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW berikut ini.

“U’iidzuka bikalimaatillaahit-taammah, min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ‘ainin laammah”

Artinya: “Aku memohon perlindunganmu dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari segala gangguan setan, binatang pengganggu, dan dari pandangan mata yang buruk.”

(aini/adinda)