SATUKANAL.COM
Malang
Caption: Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif. Doc: Achmad Fikyansyah/Satukanal.com
ADV BERITA Kanal Highlight

Dinkes Kota Malang Alokasikan 40 Persen DBHCHT 2022 untuk Premi JKN

Satukanal.com, Kota Malang – Pemkot Malang mengalokasikan 40 persen dari total Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk sektor kesehatan, nominalnya lebih dari Rp20 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif menjelaskan, DBHCHT yang masuk ke Dinas Kesehatan seluruhnya dialokasikan untuk penambahan premi (iuran) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“DBHCHT itukan khusus. Jadi untuk di Dinkes itu untuk penambahan premi JKN UHC,” jelas Husnul kepada Satukanal.com, Rabu (30/11/2022).

Menurut Husnul, penggunaan DBHCHT ini sudah ditetapkan oleh undang-undang, sehingga tidak bisa dialihkan untuk kegiatan program lain seperti pengadaan alat kesehatan atau lainnya.

Bahkan, lanjut Husnul, jika Pemkot Malang ingin memasang imbauan atau larangan merokok pada tempat-tempat tertentu, maka pemerintah tidak diperkenankan untuk menggunakan dana DBHCHT.

“Terkait penyuluhan larangan tidak boleh merokok, itu tidak menggunakan DBHCHT. Karena itu masuk anggaran promosi kesehatan yang ada di APBD,” kata dia.

Sebelumnya, Wali Kota Malang, Sutiaji, melalui Kasatpol PP Kota Malang Heru Mulyono juga menyampaikan akan terus mendorong seluruh warga Kota Malang secara keseluruhan agar terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan.

“Seperti yang disampaikan bapak wali kota, diharapkan tidak ada warga Kota Malang yang tidak menjadi peserta BPJS kesehatan. Sebagai trainingnya dibayarkan (pemerintah), bersumber dari DBHCHT,” ucap Heru.

Heru mengatakan, pagu DBHCHT Pemkot Malang tahun 2022 setelah Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) yakni sebesar Rp51 miliar.

Dari total dana tersebut, sebesar 40 persen atau lebih dari Rp20 miliar digunakan untuk Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKN).

“Sehingga apabila ada tetangga sekitar, atau kerabat yang ber-KTP Kota Malang yang belum menjadi peserta BPJS kesehatan tolong sampaikan,” imbau Heru. (ADV)

Pewarta: Achmad Fikyansyah
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com