Dinilai Tak Ramah Lingkungan, Premium Dan Pertalite Bakal Dihapus | SATUKANAL.COM
May 22, 2022

Ilustrasi Pertamina

Satukanal.com, Nasional – Selain BBM jenis Premium, pemerintah juga bakal menghapus BBM Pertalite. Penghapusan ini pun menjadi bukti keseriusan pemerintah guna memperbaiki kondisi lingkungan.

Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), nantinya bensin dengan RON 90, yakni Pertalite, bakal menjadi pengganti Premium selama masa transisi. Kendati begitu, Pertalite juga akan dihapus setelah masa transisi selesai.

“Memasuki masa transisi di mana Premium (RON 88) akan digantikan dengan Pertalite (RON 90), sebelum akhirnya kita akan menggunakan BBM yang ramah lingkungan,” terang Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Soerjaningsih dalam situs resmi Ditjen Migas, Jakarta, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga :  Putri KW Berhasil Menepis Vietnam, Indonesia Unggul 2-1 di SEA Games 2021

Dihapuskannya BBM Pertalite dan Premium, nantinya hanya akan ada bensin dengan kadar oktan (Research Octane Number/RON) di atas 91 yang dinilai lebih ramah lingkungan seperti Pertamax.

Adanya ketentuan tersebut, PT Pertamina (Persero) masih menunggu keputusan resmi pemerintah soal penghapusan Premium dan Pertalite dari pasaran.

Irto Ginting selaku Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading, menjelaskan keputusan penghapusan premium merupakan kewenangan pemerintah. Sehingga, Pertamina tetap akan melaksanakan sesuai dengan penugasan dari pemerintah.

Baca Juga :  Jadi Korban Kasus DNA Pro, DJ Una Sempat Diiming-imingi Mobil

Menurutnya, saat ini masyarakat memang mulai beralih menggunakan BBM berkualitas atau BBM yang sesuai dengan spek kendaraannya. Pertamina juga terus mengedukasi dan memberikan benefit tambahan kepada masyarakat untuk menggunakan BBM berkualitas.

Sebagai informasi, perubahan Premium ke Pertalite diprediksi akan menurunkan kadar emisi CO2 sebesar 14%. Selanjutnya, perubahan ke Pertamax juga bakal menurunkan emisi sebesar 27%.

Editor : Naviska