Desa Wisata Bejijong Mojokerto Tawarkan Paket Wisata Murah Lo, Ini Rinciannya | SATUKANAL.COM
Bejijong

Caption: Kepala Desa Bejijong, Pradana Tera Mardiatna, saat menjelaskan mengenai paket wisata di Desa Wisata Bejijong. (Doc: Alawi/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kabupaten Mojokerto – Desa Bejijong di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan kearifan lokal yang menawarkan paket-paket wisata.

Di Desa Bejijong memang terdapat sejumlah destinasi wisata, di antaranya Candi Brahu, Petilasan Siti Inggil, Maha Vihara Majapahit, Buddha Tidur, Wisata Edukasi Rumah Wisata Lemah Toelis, hingga Wisata Edukasi Kesenian Teaterikal Sumpah Palapa.

Kepala Desa Bejijong, Pradana Tera Mardiatna mengatakan, Pemdes telah membuat Bumdes Wisata Desa meliputi unit usaha kuliner centhini, unit usaha cor kuningan, unit usaha pengrajin batik, unit usaha textile, dan unit usaha seni tari.

Lalu terdapat Pasar Rakyat Kampung Majapahit dengan kuliner tradisional khasnya seperti telur asin asap, es ketan, ayam ungkep kemaron, getuk Majapahit, manisan buah, dan minuman khas raja-raja Majapahit yakni wedang secang.

Selanjutnya di desa ini tersaji produk-produk ekonomi kreatif meliputi batik khas Majapahit, kerajinan cor kuningan, kerajinan patung batu, dan Rumah Majapahit yang disiapkan sebagai homestay.

“Wisatawan bisa hanya menginap di Rumah-rumah Majapahit yang kami persiapkan sebagai homestay, untuk merasakan sensasi menginap di rumah adat Majapahit. Kalau mau berkeliling juga sudah tersedia paket wisata, sekaligus pemandunya,” jelas Tera.

Baca Juga :  Cerita Guru Olahraga Tegar, Gelandang Timnas U-16 Saat di SMP 2 Kota Mojokerto

Tera menuturkan, setidaknya ada empat paket wisata yang ditawarkan.

Pertama, homestay lux Majapahit. Pengunjung cukup membayar Rp280 ribu per malam untuk dua orang. Paket ini menawarkan sekali makan, sekali snack, dengan menginap di Rumah Wisata lotus yang disertai fasilitas double bed, kipas angin, kamar mandi, dan toilet.

“Kedua, pengunjung bisa menikmati menginap di Rumah Majapahit dengan fasilitas sekali makan, sekali snack Twin bed, kipas angin, kamar mandi, hanya dengan membayar Rp180 ribu untuk dua orang,” ungkap Tera.

Selanjutnya, paket wisata yang ditawarkan desa wisata ini yakni paket A dengan harga Rp300 ribu per orang.

Fasilitas yang ditawarkan yakni menginap di Rumah Majapahit dengan snack sekali, makan sekali, serta berwisata ke Patung Buddha Tidur, Petilasan Raden Wijaya (Sitti Inggil), dan Candi Brahu.

“Wisatawan dengan paket A ini kami ajak berwisata edukasi, yakni mengunjungi pusat kerajinan cor kuningan, batik majapahit, dan wayang kulit,” beber Tera.

Baca Juga :  ESI Kabupaten Mojokerto Raih Medali Perunggu di Porprov Jatim 2022

Terakhir ada paket B, di mana wisatawan hanya perlu membayar Rp450 ribu per orang selama dua hari satu malam.

Melalui paket ini, wisatawan akan di manjakan dengan fasilitas menginap di Lux Majapahit dengan sekali makan dan sekali snack, serta dipandu oleh tour guide berwisata ke Patung Buddha Tidur, Petilasan Raden Wijaya (Sitti Inggil), dan Candi Brahu.

“Wisatawan dengan paket B ini akan berwisata edukasi, yakni mengunjungi pusat kerajinan cor kuningan, batik majapahit, telur asin asap, dan wayang kulit. Kami juga sediakan sepeda santai, dan dulinan tradisional (outbond),” imbuh Tera.

Tera mengatakan, target mengembangkan desa wisata ini ke depannya yakni peningkatan sarana prasarana. Selain itu, kerja sama dengan berbagai pihak dan melakukan promosi luar daerah termasuk di media sosial.

“Kami memanfaatkan promosi melalui sosmed di @bejijongku. Targetnya menjadi Desa Wisata Berkembang di 2022, pada 2023 menjadi Desa Maju dan Desa Mandiri 2024,” pungkas Tera.

Pewarta: Alawi
Editor: U Hadi