Dapat Jatah 16.400 Dosis Vaksin PMK, Bupati Kediri Target Pendistribusian Rampung Sebelum Lebaran Kurban | SATUKANAL.COM
Kediri

Caption: Petugas DKPP Kabupaten Kediri melakukan vaksinasi PMK pada hewan ternak sapi milik warga, Kamis (30/6/2022). Doc: Istimewa

Satukanal.com, Kabupaten Kediri – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri kini mulai pendistribusian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) kepada para peternak sapi di wilayahnya.

Kabupaten Kediri sendiri mendapatkan jatah sebanyak 16.400 dosis vaksin PMK.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, 16.400 dosis vaksin PMK tersebut bakal didistribusikan ke 26 kecamatan di wilayahnya. Ditargetkan pendistribusiannya rampung sebelum Idul Adha.

“Sebanyak 16.400 dosis vaksin PMK telah kita terima. Pelaksanaan vaksinasi sudah kita mulai, dan kita harapkan sebelum lebaran Idul Adha semua telah selesai,” ujar Mas Dhito, sapaan akrab Hanindhito Himawan Pramana, Kamis (30/6/2022).

Baca Juga :  Nanas PK-1 Dikembangkan di Kabupaten Kediri, Digadang-gadang Pertama di Indonesia

Mas Dhito menjelaskan, kasus PMK di Kabupaten Kediri telah menyebar di 140 desa yang ada di 26 kecamatan. Selain pendistribusian vaksinasi, pengobatan serta monitoring hewan ternak juga bakal menjadi penanganan prioritas.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsing menambahkan, sejauh ini desa yang masuk kategori hijau kasus PMK di Kabupaten Kediri ada sebanyak 204 desa.

Dikatakan Tutik, populasi ternak di desa kategori hijau tersebut bakal menjadi prioritas pendistribusian vaksinasi. Selain untuk meminimalisir penyebaran kasus, sekaligus untuk meminimalisir risiko efek samping dari vaksin.

Baca Juga :  Tiga Punggawa Persik Kediri Diragukan Tampil di Gelaran Perdana Liga 1

Sementara dalam pelaksanaan vaksinasi ini, tutur Tutik, hewan ternak yang punya riwayat PMK tak dapat divaksin.

“Sesuai dengan SOP hewan yang pernah terkena PMK tidak wajib untuk divaksin,” sebutnya.

Untuk diketahui, pendistribusian vaksin PMK untuk sapi perah yang tergabung dalam KUD telah dilakukan dengan total 11.000 dosis.

Vaksinasi PMK ini bakal dilanjutkan dengan 5.400 dosis, yang diperuntukkan untuk sapi pedagang termasuk sapi perah di luar KUD.

Pewarta: Anis
Editor: U Hadi