Idul Adha 2022, Penting Mengenali Ciri Daging Kurban Yang Terkena PMK | SATUKANAL.COM
Daging Kurban

Anjuran untuk memasaknya terlebih dari akan berguna untuk mengkonsumsi daging di tengah wabah PMK (Foto: freepik.com)

Satukanal.com, Nasional – Daging kurban menjadi salah satu ciri khas ketika moment hari raya Idul Adha di setiap tahunnya. Pada tahun 2022 kali ini, setelah pandemi Covid-19 menurun, tren wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang mengenai hewan berkuku hingga kini belum terlihat turun.

Hal tersebut menjadi kekhawatiran tersendiri menjelang hari raya Idul Adha 2022, di mana PMK masih menghantui pedagang dan pembeli hewan kurban. Tidak hanya itu, beberapa orang mungkin menjadi ragu untuk melakukan ibadah potong hewan kurban akibat wabah PMK tersebut.

Meskipun demikian, beberapa waktu lalu Mejelis Ulama Indonesia mengeluarkan Fatwa MUI lewat Nomor 32 Tahun 2022, yang menjelaskan bahwa hewan kurban dengan gejala klinis ringan, seperti halnya melepuh ringan pada celah kuku, lesu, tidak nafsu makan, dan mengeluarkan air liur, masih sah untuk dijadikan hewan kurban pada saat hari raya Idul Adha 2022.

Baca Juga :  Habib Rizieq Bebas Bersyarat, Kini Langsung Melakukan Aktivitas Mengajar di Ponpesnya

Dengan demikian, daging hewan kurban dengan gejala klinis ringan tersebut masih juga dizinkan untuk dikomsumsi. Sehingga, anjuran untuk mengolah daging dimusim wabah PMK sangat dianjurkan sebelum dimasak untuk komsumsi.

Nuryani Zainuddin selaku Direktur Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI mengatakan masyarakat perlu memiliki pengetahuan dalam memilih daging, di mana setidaknya sebagai konsumen harus tahu bagian tubuh mana yang masih layak untuk dikomsusmsi.

Dengan begitu Nuryani mengimbau masyarakat untuk mengikuti tips yang dianjurkan pemerintah dalam mengolah daging di musim wabah PMK, yaitu dengan memasaknya minimal tiga puluh menit terlebih dahulu sebelum memasaknya menjadi masakan khas hari raya Idul Adha.

Baca Juga :  Nanas PK-1 Dikembangkan di Kabupaten Kediri, Digadang-gadang Pertama di Indonesia

Ciri Daging Kurban Terkena Wabah PMK

Pemerintah sampai saat ini juga masih belum mengeluarkan ketentuan khusus yang menjelaskan ciri-ciri daging kurban yang terkena wabah PMK. Nuryani menyebutkan tidak ada ciri khusus pada daging kurban yang terkena wabah PMK.

Dengan demikian, masyarakat diimbau untuk membeli daging kurban yang disalurkan lewat Rumah Potong Hewan (RPH) yang diawasi oleh dokter hewan langsung, karena untuk dapat mengetahui apakah daging tersebut terjngkit wabah PMK harus lewat pemeriksaan laboratorium.

Dengan masih merabahnya wabah virus PMK tersebut diharapkan masyarakat lebih waspada dalam memilih daging untuk dikomsumsi sehingga bisa mencegah mengkonsumsi daging yang terkena wabah PMK menjelang hari raya Idul Adha 2022.

 

(Ali/adinda)