Daftar Situs Dan Aplikasi Yang Diblokir Kominfo Per 1 Agustus 2022, Paypal Bagaimana? | SATUKANAL.COM
Aplikasi yang Diblokir Kominfo

ilustrasi pemblokira yang dilakukan terhadap sejumlah situs dan aplikasi (Foto: freepik)

Satukanal.com, Nasional– Adapun sejumlah situs dan aplikasi yang diblokir Kominfo. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang gagal mendaftar hingga tenggat pendaftaran dan tenggat peringatan berakhir.

Pemblokiran akses bagi PSE yang gagal daftar sudah berlaku sejak Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB. Per hari ini, Senin (1/8/2022), terdapat 6 PSE atau platform digital yang saat ini masih diblokir oleh Kominfo.

Daftar Situs dan Aplikasi yang Diblokir Kominfo

Berikut daftar Aplikasi yang Diblokir Kominfo:

  • Yahoo
  • Epic Games
  • Steam
  • Dota – Dota2
  • Counter Strike – CSGO
  • Origin

Bagaimana dengan PayPal?

Setelah mengetahui sejumlah situs dan Aplikasi yang Diblokir Kominfo di atas, lantas bagaimana dengan PayPal yang dikabarkankan diblokir juga? Simak penjelasannya di bawah ini.

Sebenarnya terdapat tujuh aplikasi dan situs yang dibokir Kominfo, yaitu enam PSE di atas ditambah layanan keuangan PayPal. PayPal sendiri saat itu sempat terdaftar pada situs PSE Kominfo (pse.kominfo.go.id). Namun kemudian status daftarnya “dihentikan sementara” karena diklaim terdaftar oleh orang lain, bukan pihak PayPal resmi.

Kabar Pemblokiran PayPal pun menuai kritik dari sejumlah pihak. Apalagi, aplikasi ini banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk bertransaksi khususnya bagi pekerja kreatif, para streamer game hingga freelancer.

Baca Juga :  Spesifikasi Vivo X80 dan Vivo X80Pro yang Sudah Masuk ke Indonesia, Intip Harganya!

Kemudian, situs PayPal yang semula diblokir kembali dibuka sementara guna memberi kesempatan kepada pengguna untuk mengalihkan dananya dari layanan keuangan tersebut ke platform lain. Kominfo memberikan waktu bagi pengguna PayPal untuk mengamankan dananya hingga lima hari atau sampai Jumat (5/8/2022) pukul 23.59 WIB.

Sebagai informasi, pemblokiran PSE yang gagal daftar, hanya bersifat sementara dan bisa dibuka kembali. Dengan kata lain, keenam aplikasi dan situs yang sudah diblokir saat ini, aksesnya bisa dibuka kembali oleh Kominfo.

Syaratnya, PSE yang diblokir harus mengajukan normalisasi untuk membuka pemblokiran. Adapun caranya sama seperti mendaftar PSE, yaitu dengan melengkapi pendaftaran PSE melalui Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA).

Apa Itu PayPal?

Aplikasi yang Diblokir Kominfo seperti yang dijelaskan di atas cukup ramai diperbincangkan, terlebih ada Paypal yang disebutkan juga mengalami pemblokiran. bagi anda yang tidak mengetahui apa itu PayPal? Simak ulasan berikut.

PayPal merupakan rekening virtual atau rekening digital yang menyediakan fasilitas jasa transfer maupun transaksi secara online. PayPal ini adalah perusahaan yang menyediakan fasilitas layanan elektronik yang untuk kebutuhan pembayaran antar pihak lewat transfer online.

Baca Juga :  17 Aplikasi Berbahaya Ponsel, Bisa Retas Data Hingga Bobol Rekening

PayPal memungkinkan penggunanya untuk membuat akun yang terhubung ke rekening giro atau kartu kredit penggunanya. Bisa dikatakan, PayPal merupakan salah satu platform pembayaran virtual paling populer di berbagai belahan dunia.

Bahkan saat ini PayPal telah mempunyai 400 juta lebih pengguna aktif dari berbagai negara. Adapun salah satu keunggulan PayPal yaitu mempunyai jaringan yang serta dapat melayani beragam transaksi keuangan via online antar negara.

Artinya, dengan mempunyai akun rekening PayPal, si pengguna dapat melakukan berbagai transaksi online lintas batas. Contohnya belanja online dari e-commerce  luar negeri atau pembayaran fee dari perusahaan luar negeri.

Tak hanya itu, PayPal juga dianggap sebagai layanan pembayaran atau transaksi digital yang mempunyai ingkat keamanan cukup tinggi serta terjamin dibandingkan plaftom lainnya dengan fasilitas serupa. Oleh karena itu, PayPal ini cocok digunakan untuk berbagai transaksi online antar negara.

Itulah ulasan mengenai Aplikasi yang Diblokir Kominfo. Ada enam aplikasi dan situs yang dinyatakan diblokir oleh Kominfo. Sementara, PayPal yang disebut juga telah diblikir, untuk sementara ini dibuka blokirnya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh Kominfo. Di atas jugatelah diejlaskan mengenai apa itu PayPal serta keunggulannya.

 

(Adinda)