SATUKANAL.COM
Ciki Ngebul
Caption: Ilustrasi ciki ngebul. Sumber: freepik.com
BERITA Kanal Highlight Malang Raya

Ahli Gizi Sebut Ciki Ngebul Tak Layak Dikonsumsi, Dinkes Kota Malang Lakukan Pengawasan Pusat Keramaian

Satukanal.com, Kota Malang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang melakukan tindakan pencegahan terhadap jajanan ciki ngebul (cikibul) di Kota Malang.

Kepala Dinkes Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, pihaknya telah meminta 16 Puskesmas untuk mengawasi pusat keramaian.

“Dinkes Kotas Malang harus melakukan beberapa pengawasan kepada penjual yang masih berjualan dengan liquid nitrogen. Bagaimana pengawasannya, kita di awal memberikan kepada 16 Puskesmas untuk mengawasi tempat tertentu, ada atau tidak (penjual ciki ngebul) di Kota Malang,” ujar Husnul, Sabtu (21/1/2023).

Jika ditemukan penjual cikibul, lanjut Husnul, maka pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Satpol-PP maupun Diskopindag hingga BPOM agar segera ditindak.

Baca Juga :  Arema FC Diisukan Bubar

Adapun saat ini pihaknya masih menunggu surat edaran dari Dinkes Provinsi Jawa Timur terkait pelarangan penggunaan nitrogen cair dalam makanan.

“Masih menunggu edaran Dinkes Provinsi Jatim, yang salah satunya menyebutkan tidak boleh atau dilarang menggunakan liquid nitrogen pada makanan. Jika ada (penjual cikibul), maka kita koordinasi dengan pihak terkait seperti BPOM, Satpol PP, dan Diskopindag untuk edukasi penjual bahwa liquid nitrogen itu tidak ada manfaatnya untuk makanan,” jelas Husnul.

Sementara itu, Dosen Ilmu Gizi Universitas Brawijaya Eva Putri Arfiani mengungkapkan, bahwa nitrogen cair tidak layak untuk dikonsumsi.

Perubahan zat dari nitrogen membawa beberapa dampak negatif, seperti radang maupun luka terbakar.

Baca Juga :  Respon Kerusuhan di Kantor Arema, Ketua DPRD Kota Malang: Jangan Sampai Ada Penumpang Gelap!

“Nitrogen awalnya berupa gas, tapi ketika dicairkan di suhu yang sangat rendah dia berubah dari zat atau sifat aslinya. Perubahan zat ini pasti ada dampak negatifnya, terlebih kalau dimakan. Ketika kita konsumsi, dia bukan masalah dari rasanya, tapi dari sensasi dingin yang bisa menyebabkan luka bakar atau radang,” tutur Eva.

“Nitrogen yang berbentuk gas atau cair itu masuk ke aturan bahan penolong dalam penggunaan bahan pangan. Jadi sebatas mempengaruhi kondisi zatnya, biasanya digunakan untuk pendingin atau pembeku, tidak untuk dikonsumsi,” lanjutnya.

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com