SATUKANAL.COM
Malang
Caption: Kepala Satpol PP Kota Malang, Heru Mulyono. Doc: Achmad Fikyansyah/Satukanal.com
ADV BERITA Kanal Highlight

Cegah Peredaran Rokok Ilegal Via Ekspedisi, Satpol PP Kota Malang Bakal Periksa Paket dengan X-Ray

Satukanal.com, Kota Malang – Berbagai cara dilakukan oleh Satpol PP untuk memberantas sebaran rokok ilegal di Kota Malang.

Selain dengan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya rokok ilegal, Satpol PP Kota Malang juga akan melengkapi alat keamanan untuk mencegah susupan rokok tanpa cukai masuk ke wilayah Kota Malang.

Salah satu caranya yakni dengan menggunakan X-Ray.

Kepala Satpol PP Kota Malang, Heru Mulyono mengatakan, penyusupan rokok ilegal masih banyak ditemui melalui jasa ekspedisi. Menurutnya, jasa ekspedisi merupakan ‘surga’ bagi para pelaku penyebaran rokok ilegal.

Bukan tanpa alasan, karena jasa pengiriman barang kebanyakan tak memeriksa secara detail seperti dengan cara membongkar paket yang akan mereka kirimkan, dan hanya akan bertanya kepada pengirim apa isi paket yang akan dikirimkan.

Pihak penyedia jasa ekspedisi tak tahu secara pasti apa sebenarnya isi di dalam paket yang hendak dikirim customer.

Dengan menggunakan X-Ray, kata Heru, ke depan pihak Pemkot Malang bisa meminimalisir potensi kecolongan masuknya barang tanpa cukai ke Kota Malang.

“Karena bila kita tidak menggunakan alat tersebut dan kita bongkar isinya, alasannya dari ekspedisi itu apakah bisa mengembalikan bentuk paket yang dikirim itu (bila tidak bersalah). Inilah yang menjadi kendala kami, sebelum membongkar,” jelas Heru.

Heru melanjutkan, rencana pengadaan alat ini akan dianggarkan pada tahun 2023, dengan estimasi anggaran sekitar Rp1 miliar.

Menurut Heru, penggunaan X-Ray diyakini akan sangat bermanfaat, mengingat bukan hanya rokok ilegal saja yang bisa terdeteksi, tetapi juga berbagai barang ilegal lainya.

“Itu (X-Ray) tidak hanya untuk cukai rokok, tetapi juga minuman berakohol, sehingga bila ada laporan kita bisa melakukan deteksi awal dengan alat itu,” sebutnya.

Pihaknya berharap, ke depan potensi kerugian negara karena barang ilegal ini bisa terus di tekan, dan kesadaran masyarakat untuk tidak menggunakan atau menyebarkan barang ilegal atau kena cukai ini bisa terus meningkat. (ADV)

Pewarta: Achmad Fikyansyah
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com