4 Cara Mengempukkan Daging Kurban Yang Mudah Dilakukan Di Rumah | SATUKANAL.COM
Cara Mengempukkan Daging Kurban

Daging kurban (Foto; Freepik)

Satukanal.com, Nasional– Cara mengempukkan daging kurban perlu diketahui menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini. Biasanya daging kurban yang diterima bisa diolah jadi masakan rumahan yang lezat dan sedap untuk dinikmati bersama keluarga.

Seperti diketahui, Idul Adha merupakan hari raya besar umat Islam yang diperingat setiap 10 Dzulhijjah kalender Hijriyah. Tahun ini, Idul Adha akan berlangsung pada 10 Juli 2022.

Dalam memperingati hari raya ini, umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan aktivitas yang dinamakan hari kurban. Bagi yang mampu akan menyumbangkan hewan kurban dan dagingnya akan dibagikan kepada kalangan yang tidak mampu.

Cara Mengempukkan Daging Kurban

Diragkum dari berbagai sumber, inilah sederet bahan sederhana dan murah bisa membuat daging kurban jadi empuk.

Baca Juga :  Kenali Physical Touch, Bagian dari Love Language yang Berbeda Dengan Clingy

1. Daun pepaya

Daun pepaya memiliki kandungan yang bernama enzim papain memiliki peran penting untuk mengempukan daging. Caranya pun mudah, tinggal meremas-remas daun tersebut hingga mengeluarkan getah. Bungkus daging dengan daun pepaya, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

2. Kulit pisang

Selain daunnya manfaat dalam penggunaan beberapa macam seperti pembungkus atau alas makanan. Kulit pisang juga bermanfaat untuk membantu mengempukan daging.

Tak perlu membeli, mengumpulkan kulit pisang sekarang untuk mengempukan daging kurban. Manfaat lain dari kulit pisang, mampu menjaga daging tidak mudah kering saat proses pengolahan.

Baca Juga :  5 Mobil Listrik Murah di Indonesia, Ada yang Dibanderol 200 Juta

3. Daun nangka

Daun lainnnya yang dapat membantu pengempukan daging adalah daun nangka. Caranya yakni dengan merebus daging bersamaan dengan daun nagka. Tunggu beberapa saat hingga daging empuk dan siap dibumbui.

4. Teh

Alternatif selain bahan-bahan di atas untuk mengempukan daging bisa menggunakan teh. Teh menyimpan kandungan tanin, yang dapat berfungsi sebagai pengempuk daging. Cara menggunakannya sederhana, rendam daging bersama teh hingga 30 menit.

Nah, itulah cara mengempukkan daging kurban yang perlu diketahui. Cara-cara di atas bisa kalian gunakan agar daging kurban yang hendak dimasak lebih empuk. Semoga bermanfaat.

 

(Adinda)