SATUKANAL.COM
cara mengatasi lelah mental
Kanal Kesehatan BERITA Lifestyle

5 Cara Mengatasi Lelah Mental yang Perlu Diketahui

Satukanal.com, Nasional Berikut ini beberapa cara mengatasi lelah mental jika kamu sedang merasa dalam kondisi ini.

Tak hanya kesehatan fisik, namun kesehatan mental pun perlu kamu perhatikan. Pasalnya, saat mentalmu tidak sehat, maka bisa menjamur kepada kesehatan secara fisik.

Bahkan, saat kamu mengalami kelelahan mental, hal tersebut bisa berakibat negatif pada kesehatan. Perlu diketahui pula, kelelahan mental merupakan sesuatu hal yang wajar.

Lelah mental sendiri merupakan kondisi ketika kamu merasakan kelelahan mental setelah melakukan pekerjaan yang menguras banyak energi. Kamu mungkin juga akan merasakan kelelahan mental jika mengalami stres dalam jangka waktu yang panjang.

Tanda-tanda Lelah Mental

Untuk bisa mengatasi kelelahan mental, maka mengetahui tanda-tanda kelelahan mental itu sendiri sangatlah penting agar tidak menjalar ke kelelahan fisik. Ada beberapa tanda kelelahan fisik yang bisa diwaspadai. 

  • Merasa mudah marah atau tergesa-gesa 
  • Tidak bisa melakukan pekerjaan dengan baik 
  • Sering melamun Mengalami kesulitan tidur 
  • Mengalami dorongan untuk melakukan aktivitas yang tidak sehat 
  • Merasakan kekhawatiran berlebih Merasa depresi 
  • Mengalami perubahan pola makan 
  • Lebih sering mengalami rasa sakit di badan 
  • Merasa berat untuk berolahraga

Penyebab Lelah Mental

Mengalami kelelahan mental bisa sangat mengganggu karena akan sangat berdampak pada kegiatan sehari-hari. Kelelahan mental ini berkaitan erat dengan depresi yang menjadi pemicu kelelahan mental tersebut. 

Ada beberapa penyebab kelelahan mental yang mungkin dialami, seperti: 

  • Pekerjaan tidak sesuai ekspektasi, baik dari diri sendiri atau orang lain yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam bekerja. 
  • Ketidaksesuaian dinamika tempat kerja, seperti yang menyangkut tentang rekan kerja dan atasan. 
  • Kurangnya dukungan sosial yang dirasakan sehingga merasa terisolasi ketika bekerja. 
  • Ketidakharmonisan antara pengaturan waktu untuk istirahat atau rekreasi dengan waktu untuk bekerja. 
  • Kurangnya kontrol untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan jadwal, tugas, hingga beban kerja. 
  • Aktivitas berlebihan yang mengharuskan untuk selalu fokus sehingga bisa lebih lelah.
Baca Juga :  Mengenal Diet Flexitarian, Disebut Bisa Turunkan Berat Badan dan Jaga Kesehatan

Cara Mengatasi Lelah Mental

Membuat beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu kamu mengatasi kondisi lelah mental. Berikut ini 5 cara mengatasi lelah mental.

1. Menghilangkan sumber Stres

cara mengatasi lelah mentalSalah satu cara mengatasi lelah mental adalah menghilangkan sumber stres. Tentunya ini tergantung pada setiap masalah personalnya.

Kalau yang membuatmu stres adalah kewalahan di tempat kerja, pertimbangkan untuk meminta bantuan atasan atau rekan kerja dalam mengerjakan tugas atau cobalah mendelegasikan sebagian tanggung jawab ke orang lain.

2. Istirahat yang Cukup

cara mengatasi lelah mentalWaktu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga bisa sangat membantu meredakan perasaan lelah mental. Istirahat dapat berarti mengosongkan jadwal tugas yang tidak penting selama beberapa hari, mengambil liburan panjang.

Selain itu juga bisa memanjakan diri selama satu jam untuk menonton video atau serial drama sebelum memulai kembali mengerjakan tugas, makan di cafe favorit, atau berkumpul bersama teman.

3. Komunikasikan pada orang yang dipercaya

cara mengatasi lelah mentalKelelahan mental bisa dihindari dengan beberapa cara, satu diantaranya menceritakan permasalahan kepada orang lain alias curhat. Hal ini bisa meringankan beban yang kamu rasakan.

Baca Juga :  Kenali Alasan Anak GTM! Ini 4 Kiat Untuk Mengatasinya

Namun kamu juga perlu berhati-hati saat ingin berbagi beban dengan orang lain. Pasalnya, jika kamu salah memilih orang, maka bisa jadi ia akan menganggap remeh permasalahanmu. Parahnya lagi jika orang tersebut membocorkan permasalahanmu ke orang lain sehingga banyak yang mengetahui.

Namun saat kamu menemukan orang yang tepat, maka perasaan kamu akan lebih lega. Selain itu, orang tersebut juga bisa membantu kamu mencari solusi hingga memberi saran yang terbaik.

4. Membuat Jurnal Harian

cara mengatasi lelah mentalUntuk bisa mengelola emosi dan memberikan tempat pada apa-apa yang kamu rasakan sepanjang hari, cobalah untuk membuat jurnal harian.

Pada jurnal harian ini kamu mencatat apa yang kamu rasakan, tidak hanya kesedihan, tetapi hal-hal yang menyenangkan. 

Cobalah untuk setiap harinya mencatat apa yang bisa disyukuri hari ini. Berfokus pada hal-hal positif akan membantu kamu lebih menikmati hidup dan bersyukur di saat sulit.

Selain itu, membuat jurnal juga bisa membuat kamu tahu kira-kira apa yang menjadi pemicu kondisi lelah mental yang kamu alami.

5. Berolahraga

cara mengatasi lelah mentalSalah satu hal yang bisa kamu lakukan saat merasa kelelahan mental adalah berolahraga. Pasalnya, dengan olahraga teratur mampu meningkatkan sauna hati, fungsi otak, hingga kesehatan secara umum.

Saat berolahraga, kamu akan lebih mudah memahami perasaan yang muncul. Sehingga, kamu bisa lebih merasa tenang hingga terhindar dari kelelahan mental.

Itulah 5 cara mengatasi lelah mental yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat

 

 

 

(mewinsta/adinda)

Kanal Terkait

Satukanal.com