5 Cara Memilih Kos Kosan Murah Yang Cocok Buat Mahasiswa Atau Pekerja Kantor | SATUKANAL.COM
cara memilih kos

Ilustrasi tempat kos kosan yang biasa disewakan bagi para mahasiswa maupun pekerja (Fotot: pinterest.com)

Satukanal.com, Nasional – Cara memilih kos yang sesuai dengan kalian baik secara biaya maupun lingkungan serta dengan berbagai fasilitas yang lengkap memang susah-susah gampang. Bagi kalian yang merantau baik untuk sekolah atau kuliah maupun bekerja kebutuhan akan tempat tinggal sangat dibutuhkan.

Untuk mendapatkan hal itu semua kalian harus sesuaikan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kalian punyai. Hal ini memang seperti gampang namun tidak semua orang bisa mengerti cara memilih kos kosan yang murah serta cocok dengan kalian pada saat menempati kosan tersebut.

Memilih kos kosan akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kalian baik yang sedang berkuliah maupun yang sudah bekerja. Jangan sampai uang bulanan atau gaji kalian habis hanya untuk biaya sewa kamar kos tersebut.

Cara Memilih Kos kosan Murah

Berikut 5 Cara Memilih Kos kosan Murah Tetapi Tidak Murahan yang Perlu Kalian Ketahui:

1.Tentukan Buget “Murah” Versi Kalian Sendiri

Sebelum menentukan definisi murah secara umum alangkah baiknya kalian bisa mendefinisikan terlebih dahulu budget yang kalian anggap murah. Sehingga kalian mengerti berapa budget yang kalian harus siapkan setiap bulannya untuk bayar sewa kosan. Kalian bisa mencari kosan yang sesuai dengan keinginan serta sesuai dengan kemampuan budget kalian yang sudah disiapkan tadi.

2. Ketahui Fasilitas Kost yang Benar-benar Penting

Sebelum menentukan atau mencari kos yang murah pikirkan dahulu hal-hal yang memang kalian butuhkan ditempat kost. Seperti apakah kalain mencari kost khusus perempuan atau laki-laki atau tidak keberatan dengan kost campur. Fasilitas kamar juga penting kalian pertimbangkan. Misalnya sudah ada kasur apa tidak, sama ketersediaan alat lainya seperti lemari, dan internet.

Baca Juga :  Juara Piala Presiden dengan 3 Pelatih Berbeda, Arema FC: Bukti Lambang di Dada Lebih Besar

Hal tersebut untuk mengantisipasi ketersedian fasilitas karena ada beberapa tempat kost murah hanya menawarkan kamar kosongan saja, sehinggan kalian fokus pada fasilitas yang kalian butuhkan bukan dengan apa yang kamu inginkan. Dengan kalian mengetahui terlebih dahulu ada fasilitas apa saja yang ditawarkan kalian bisa menentukan pilihan kost murah yang ingin kalian sewa.

3. Perhitungkan Keseluruhan Biaya Kost

Dengan ketersedian budget yang terbatas, harga kost perlu diperhitungkan, kalian wajib menanyakan kepada pemilik atau pengelolanya untuk mencari tahu biaya lain yang harus kalian keluarkan diluar biaya sewa kamar yang ditawarkan.

Dengan perhitungan seluruh biaya pengeluran kost akan dapat membantu kalian menyortir pilihan kost, perhitungan biaya transportasi dari kost ketempat yang menjadi aktifitas keseharian juga menjadi satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan pada cara milih kost murah.

4. Ukur Jarak Tempuh Kost ke Kampus atau Kantor

Hal ini biasanya banyak dilewati oleh para calon penghuni kamar kost yang penting biaya sewa kostnya murah, biaya transportasi dapat kalian hitung sesuai dengan budget yang kalian punya atau disediakan.

Tentu hal yang sangat menyenangkan bisa mempunyai kost dapat gampang dijangkau dengan alat transportasi apapun. Hal itu menjadikan teman atau kerabat kalian bila ingin berkunjung tidak merasa repot bila menggunakan dari berbagai jenis trangsportasi.

Baca Juga :  2 Manfaat Daun Salam Untuk Kecantikan Wajah, Bisa Bikin Cerah Merona!

Jarak dari kost kesuatu tempat misal ke kampus atau kantor smerupakan salah satu cara memilih kost murah bagi kalian yang sedang mencari atau membutuhkan tempat tinggal didaerah orang lain. Ini bisa menjadi sangat penting bagi kalian karena langsung berkaitan dengan mobilitas nantinya kamu ketika sudah tinggal di kost tersebut.

5. Survei Langsung Keadaan Lingkungan Sekitar Kost

Sebelum menentukan kost pilihan kalian sendiri, situasi dan kondisi lingkungan sekitar juga harus kalian kenali, misalnya lokasi-lokasi bersih, bebas atau minim kejahatan, serta akses ke tempat umum seperti warung atau minimarket. Ini merupakan cara memilih kos yang perlu diperhatikan.

Keamanan memang menjadi faktor yang sangat penting dalam cara memilih kost murah, jangan sampai kalian memilih kost dengan biaya sewa yang relatif murah tetapi lingkungan sekitar kerap kali kejadian kejahatan, hal itu bisa menjadi gangguan pada aktifitas kalian sendiri nantinya.

Selain dengan cara tersebut kalian bisa menggunakan layanan-layanan digital penyedia informasi kost atau bisa melihat lingkungan sekitar kost lewat fitur yang ada pada Google Maps, sehingga dengan begitu kalian bisa menetukan pilihan kost yang seperti apa yang cocok buat kalian tentu juga denga harga yang sesuai budget yang sudah disiapkan diawal tandi.

 

(Ali/Adinda)