Ini Cara Cek Banjir Di Google Maps Agar Perjalananmu Tak Terhambat | SATUKANAL.COM
Cara Cek Banjir di Google Maps

Google Maps (Foto: Tangkapan Layar)

Satukanal.com, Nasional– Tahukah Anda jika ada cara cek banjir di Google Maps? Banjir memang menjadi permasalahan yang tak kunjung usai. Keadaan ini kerapkali menghambat aktivitas seperti halnya ruas jalan raya.

Baru-baru ini, peristiwa banjir yang menimpa kota Semarang bagian utara juga menyebabkan beberapa daerah terendam dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan baik itu motor ataupun mobil. Oleh sebab itu, masyarakat yang melewati kawasan Seamarang diharapkan untuk mengganti rute perjalanannya.

meski banjir tidak dapat diatasi, para pengguna kendaraan masih dapat mengurangi risiko menemui banjir dengan memanfaatkan teknologi informasi yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone.

Untuk mengantisipasi banjir yang dapat mengganggu perjalanan, Anda dapat mengecek informasi banjir terkini melalui aplikasi Google Maps. Lantas bagaimana cara cek banjir di Google Maps? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga :  5 Ide Hiasan 17 agustus Untuk Meriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia Tahun Ini

Cara Cek Banjir di Google Maps

selain menjadi alat penunjuk jalan, Google Maps dapat digunakan untuk memberikan informasi terbaru seputar banjir sepanjang perjalanan Anda. Fitur memantau titik banjir ini dinamakan “Java Floods”

Hal pertama yang harus dilakukan yakni membuka aplikasi Google Maps yang tersedia di smartphone atau dapat mengunduhnya terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Setelah itu pilih opsi “Explore”
  • Klik ikon “Java Floods”
  • Kemudian scroll ke bawah dan klik “See Latest Updates”
  • Anda akan mendapati informasi terbaru seputar banjir yang terjadi di wilayah Pulau Jawa
  • Anda dapat membagikan informasi terbaru seputar banjir melalui Google Maps kepada teman-teman Anda
Baca Juga :  Mengenal Istilah Ekshumasi yang Dilakukan pada Jenazah Brigadir J

Sebagai informasi, fitur Google Maps ini hanya berfungsi untuk mengecek informasi terbaru terkait banjir di wilayah Pulau Jawa.

Para pengguna dapat mengirimkan laporan mengenai area maupun jalan mana saja yang ditutup dan menginformasikan banjir melalui aplikasi Google Maps.

menariknya, informasi ini dapat diakses secara real time yang tentu dapat membantu banyak orang untuk mengantisipasi perjalanan mereka.

Selain itu, pada halaman utama Google Maps, pengguna dapat melihat jalan mana saja yang ditutup, tidak dapat lalui dengan ikon peringatan (warning), dilarang masuk (forbidden).

Pengguna dapat klik ikon tersebut mengetahui informasi lebih lanjut seperti yang telah dilaporkan oleh pengguna lainnya. (adinda)