Calon Jamaah Haji Kota Malang Laksanakan Manasik Haji Meskipun Jadwal Belum Ditetapkan | SATUKANAL.COM

Calon jamaah haji Kota Malang melaksanakan bimbingan manasik haji (foto: Lutfia/satukanal.com)

Satukanal.com, Kota Malang – Sebanyak 508 calon jamaah haji di Kota Malang melaksanakan bimbingan manasik haji di Hotel Gajahmada Graha pada Selasa (24/5/2022).

Meskipun telah melakukan bimbingan manasik, namun para jamaah haji Kota Malang tersebut masih belum mendapatkan kepastian perihal jadwal pemberangkatan ke Tanah Suci Makkah untuk memenuhi panggilan-Nya.

“Sebanyak 508 jamaah haji Kota Malang sudah melunasi (pembayaran) dan hari ini melaksanakan bimbingan manasik haji. Ada haknya jamaah, pertama tingkat kecamatan 4 kali kemudian tingkat kota 2 kali dan ini adalah tingkat kota,” ujar Muhtar Hazawawi selaku Kepala Kementerian Agama Kota Malang.

Calon jamaah haji yang saat ini mendapatkan pembimbingan manasik merupakan jamaah yang seharusnya berangkat pada tahun 2020. Sayangnya dari 963 calon jamaah, hanya 50 persen kuota yang dapat berangkat, salah satunya diakibatkan oleh kebijakan baru tentang batasan usia.

“Itu memang yang jelas tahun ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu 508 dan Alhamdulillah sudah melunasi dan hari ini adalah manasik. Berangkatnya menunggu keputusan dari bidang Kanwil Kemenag Jatim,” lanjutnya.

Ia pun turut menyampaikan bahwa para calon jamaah telah dapat dipastikan memenuhi persyaratan terlebih terkait vaksinasi.

“Menurut catatan, vaksin meningitis sudah lengkap kemudian vaksin untuk pencegahan Covid-19 rata-rata udah dilakukan dua kali dan itu persyaratannya sehingga insyaallah aman,” sambungnya.

Sementara itu Wali Kota Malang, Sutiaji mengungkapkan meskipun terdapat pembatasan usia sampai 65 tahun, harus tetap bersyukur sebab masyarakat Kota Malang telah memenuhi penggilan ibadah ke Masjidil Haram.

“Kami berharap diberikan kesehatan oleh Allah, titip doakan Malang diberi ketenteraman dan kesejahteraan,” pesan Sutiaji.

 

 

 

Pewarta: Lutfia
Editor: Uabdihillah