Bupati Ikfina Dorong Pemulihan Ekonomi Melalui Peningkatan Infrastruktur | SATUKANAL.COM

Bupati Ikfina saat melakukan peresmian (Dok)

Satukanal.com, Mojokerto – Bupati Mojokerto, Ikfina Fatmawati meresmikan kantor Desa Kupang Kecamatan Jetis dan peresmian secara simbolis kegiatan pembangunan infrastruktur tahun 2021. Acara peresmian tersebut digelar di Balai Desa Kupang Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto, Senin (23/5/2022).

Setidaknya ada tiga peresmian yang mewakili peresmian infrastruktur secara simbolis. Pertama, Pelebaran ruas Jalan Gumeng – Kemasantani Kecamatan Gondang sepanjang 5 km dengan lebar 5,5 m. Kedua, Pelebaran ruas jalan Temuireng – Gunungan Kecamatan Dawarblandong dengan panjang 6 km dan luas 5,5 m dan ketiga adalah Balai Desa Kupang Kecamatan Jetis.

“Tahun 2021 untuk proyek infrastruktur melalui dinas PUPR adalah 181,4 Miliar kita sudah BK Desa sebesar Rp 410 juta, belum yang melalui dinas pendidikan dan keagamaan yang total seluruh 760 Miliar, ” ungkap Bupati Ikfina kepada awak media, Senin (23/5/2022).

Bupati Ikfina menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur baik berupa jalan, jembatan maupun irigasi sudah merupakan tanggung jawabnya. Hal itu ia lakukan dalam upaya memberikan kesejahteraan pada masyarakat.

“Terkait pembangunan, wajib hukumnya membangun daerah dan mensejahterakan masyarakatnya,“ ujarnya.

Diungkapkan Ikfina, selama ini pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk perubahan Mojokerto yang lebih baik dan masyarakatnya sejahtera. Sesuai dengan visi misi Bupati Ikfina Fatmawati dan Wabup Muhammad Al Barra (Gus Barra) maju, adil dan makmur.

Bupati Ikfina mengaku sangat bahagia jika program pemerintah dapat diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Bahagia rasanya jika program pemerintah diterima dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, berbeda jika ada program tidak direspon, tidak dimanfaatkan maka akan terasa sia-sia dan mubadzir,“ terangnya.

Bupati Ikfina menuturkan dengan telah diresmikannya jalan tersebut diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid 19.

“Saya menyadari pentingnya pembangunan infrastruktur bagi masyarakat, apalagi jalan merupakan akses terpenting untuk mendongkrak perekonomian masyarakat pasca pandemi covid 19 ini,” tuturnya.

Kepala Desa Kupang Andridi mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Ia mengaku dana BK Desa sebesar Rp 420 juta sangat membantu untuk pembangunan Balai Desa di tempatnya.

“Alhamdulillah, dengan adanya BK Desa sudah kami gunakan untuk membangun ruangan untuk keperluan pelayanan masyarakat di sebelah selatan,” bebernya.

Usai peresmian Bupati Ikfina di dampingi wakil bupati Mojokerto meninjau ruangan demi ruangan balai desa yang diresmikannya. Bupati menyapa petugas post kesehatan desa (poskesdes). Ia juga mencoba timbangan badan yang disediakan layanan poskesdes tersebut.

Salah satu ruangan yang menarik digunakan untuk perpustakaan desa. Terlihat berbagai buku tertata dengan rapi di rak. Tidak hanya itu perpustakaan mini ini dilengkapi tempat duduk yang nyaman untuk pengunjung.(ADV)