Bupati Bogor Ade Yasin Jadi Tersangka Kasus Dugaan Suap Laporan Keuangan | SATUKANAL.COM
May 27, 2022

Bupati Bogor, Ade Yasin. Sumber: bogorkab.go.id

Satukanal.com, Nasional — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan 8 tersangka dalam kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) Bupati Bogor Ade Yasin.

Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan selain dugaan suap perihal laporan keuangan dalam kasus tersebut juga adanya keinginan dari Ade Yasin agar Pemkab Bogor kembali mendapatkan predikat WTP untuk tahun anggaran 2021 dari BPK Perwakilan Jawa Barat.

“Delapan orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini sebagai pemberi suap diantaranya Bupati Bogor, Ade Yasin , Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Maulana Adam, Kasubbid Kas Daerah BPKAD Kabupaten Bogor, Ihsan Ayutallah, dan Rizki Taufik, PPK pada Dinas PUPR Kabupaten Bogor,” jelasnya, seperti dilansir Suara.com Rabu (27/4/2022).

Baca Juga :  KPK Sebut Amankan Uang Sebesar Rp1,024 Miliar dalam Kasus Suap Bupati Bogor 

Menurut Firly, selain kasus dugaan suap laporan keuangan, ada temuan fakta lain dari tim audit di Dinas PUPR yakni adanya salah satu proyek peningkatan jalan Kandang Roda – Pakan Sari yang pelaksanaannya diduga tidak sesuai kontrak dengan anggaran mencapai Rp94,6 miliar.

Diketahui dalam kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK, petugas berhasil menyita barang bukti berupa uang total Rp1,024 miliar terdiri dari Rp570 juta uang tunai serta Rp454 juta yang ada direkening bank.

Baca Juga :  Tersandung Kasus Korupsi, Ade Yasin Ikuti Jejak Sang Kakak Rahmat Yasin

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Bogor, Ade Yasin terjaring Operasi Tangkap Tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada Selasa (26/4/2022). Politisi PPP itu ditangkap di salah satu daerah di Jawa Barat.

 

 

Pewarta: Ali Bisyri
Editor: Ubaidhillah