SATUKANAL.COM
Bondowoso
Caption: Rieke Agustin Haryanto, warga Desa Sumber Anom, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso, yang BLT BBM miliknya raib
BERITA Jatim Kanal Highlight

BLT BBM Warga Sumber Anom Bondowoso Ini ‘Raib’, PT Pos Bungkam, Kades Tetiba Beri Sejumlah Uang ke Anak KPM

Satukanal.com, Kabupaten Bondowoso – Warga Desa Sumber Anom, Kecamatan Tamanan, Kabupaten Bondowoso, bernama Rieke Agustin Haryanto, mengaku BLT BBM yang cair pada September 2022 raib.

Menurut Rieke, dirinya terdaftar sebagai penerima BLT BBM 2022. Namun kali ini bantuan senilai Rp500 ribu yang menjadi haknya  diduga diambil orang lain.

“Saya terdaftar sebagai penerima bansos BBM, tapi saya tidak mendapat undangan dari PT Pos yang dititipkan ke desa,” kata Rieke kepada Satukanal.com, Sabtu (24/9/2022).

Satukanal.com mencoba memastikan nama Rieke di Cek Bansos Kemensos, hasilnya nama yang bersangkutan memang masuk sebagai penerima BLT BBM.

Sementara setelah mengetahui namanya terdaftar sebagai penerima BLT BBM, Rieke sempat mendatangi Kantor Pos Kecamatan Tamanan untuk mempertanyakan haknya.

Setelah melalui sedikit perdebatan dengan petugas PT Pos, baru pihak PT Pos mengaku bahwa bansos BBM miliknya sudah tersalurkan.

“Kan aneh, pertama saya tidak menerima undangan dari desa, tapi pihak  PT Pos mengatakan uang saya sudah dicairkan, lalu siapa yang mengambilnya?” tanya Rieke.

Rieka juga mengungkapkan, Kades Sumber Anom, Misyono, lantas memberikan uang kepada anaknya senilai Rp500 ribu setelah permasalahan ini ramai.

Rieke mengaku heran, apa tujuan Kades Misyono memberikan uang ke anaknya.

“Kalau itu uang bantuan milik saya, kok baru diberikan hari ini, padahal bantuan saya yang cair sudah sekitar setengah bulan lalu. Kan aneh,” ucap Rieke.

Dikonfirmasi terpisah, pihak perwakilan PT Pos Tamanan, Novi Setiadi, enggan berkomentar banyak terkait permasalahan ini.

“Saya takut melanggar kode etik, tidak boleh memberikan pernyataan,” kata Novi.

Sementara itu, Kades Sumber Anom, Misyono mengatakan, bahwa terkait penyaluran BLT BBM adalah kewenangan PT Pos.

“Kalau masalah pencairan, desa sebatas memfasilitasi, penyalurannya urusan PT Pos,” dalih Misyono.

Pewarta: Ubay
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com