Bilqis Prasista, Tunggal Putri Bulu Tangkis Indonesia Yang Berhasil Kalahkan Peringkat Satu Dunia | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
Bilqis Prasista

Bilqis Prasista, yang berhasil mengalahkan Akane Yamaguchi dalam Uber Cup 2022 (Foto: Instagram @badminton.ina)

Satukanal.com, Nasional– Indonesia patut berbangga akan hadirnya sosok Bilqis Prasista di dunia bulu tangkis. Pasalnya, tunggal putri Indonesia ini mampu mengalahkan ratu bulu tangkis dunia Akane Yamaguchi di Uber Cup 2022.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu (11/5/2022) itu, Bilqis Prasista menaklukan Akane Yamaguchi dengan dua gim sekaligus melalui skor 21-19, 21-19.

Lantas, seperti apakah sosok Bilqis Prasista ini? Bagaimanakah sepak terjangnya di dunia bulu tangkis? Simak ulasanya di bawah ini.

Nama Bilgqis Prasista menuai pujian usai kemenangannya melawan peringkat satu dunia Akane Yamaguchi di Uber cup 2022. Namun, siapa yang menyangka bahwa Bilqis merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Darah bulu tangkis nampaknya sudah mengalir dalam diri perempuan kelahiran 24 Mei 2003. Bagamana tidak? Kedua orang tuanya ternyata merupakan sosok legenda bulu tangksi Indonesia yang juga sempat mnegharumkan nama tanah air di kancah dunia.

Baca Juga :  4 Pesantren Tertua di Indonesia yang Usianya Hampir 3 Abad

Joko Supriyanto sendiri adalah seorang mantan pemain pelatnas di era 90an. Salah satu prestasi tertingginya, yakni menjadi juara dunia 1993 pada cabang tunggal putra.

Sementara sang ibu, Zelin Resiana juga aktif di awal 90an dan bergabung ke dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Menariknya, saudaranya kembarnya yang bernama Bilqis Pratista juga tak jauh dari dunia bulu tangkis. Keduanya sama-sama tergabung dalam klub PB Djarum pada tahun 2018. Namun hingga saat ini, baru Bilqis Prasista yang berhasil menembus pelatnas PBSI.

Bilqis bergabung dengan PBSI pada 2020. Ia mampu menyita perhatian tim pelatih PBSI usai menjuarai beberapa kompetisi bergengsi.

Beberapa kejuaraan yang sempat melambungkan namanya diantaranya adalah uara Jakarta Junior International Series 2019 (U17), Juara Tunggal Remaja Putri Djarum Sirnas Sumatera Selatan Open 2019, Juara di Bangladesh Junior International Series 2021, hingga Runner up Denmark Junior.

Baca Juga :  Pemprov Jawa Barat Gelar Konpers di Tengah Kabar Hoax Anak Ridwan Kamil, Emmiril Khan

Tak hanya itu, nama Biliqis Prasista juga semakin dikenal publik khususnya para pecinta bulu tangkis yakni menjadi bagian tim Indonesia yang memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022.

Pertandingan Bilqis Prasista Melawan Akane Yamaguchi

Perlu diektahui, sebenarnya yang seharusnya melawan Akane Yamaguchi ialah Komang Ayu. Sayangnya, Komang akhirnya diistirahatkan dan digantikan oleh Bilqis Prasista.

Meski demikian, rotasi pemain yang dibuat oleh Coach nampaknya membawa angin segar bagi Tim Uber Cup Indonesia. Bilqis mampu menunjukkan skill luar biasanya.

Tak terduga, Bilqis justru bermain sangat agresif hingga membuat Akane Yamaguchi cukup kewalahan mengejarnya. Atlet berusia 18 tahun peringkat 333 dunia tanpa diduga justru berhasil kalahkan pemain nomor satu dunia. (adinda)