Bicarakan Ketahanan Nasional, Fordekiis Datangkan Prabowo Subianto Dalam Kuliah Umum | SATUKANAL.COM

Satukanal.com, Kota Malang – Biacarakan urgensi dan ketahanan nasional dalam kepemimpinan nasional, Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia (Fordekiis) langsung datangkan Prabowo Subiato selaku Menteri Pertahanan RI dalam Kuliah Umum pada Minggu (3/6/2022).

Berlangsung di Gedung Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya, Prabowo menjelaskan peran akademisi dalam keberhasilan SDM yang dimiliki Indonesia dalam ranah ketahanan nasional.

“Kita termasuk negara yang berhasil, menghadapi pandemi, berhasil mengendalikan ekonomi ditengah tantangan yang begitu besar. Saya tadi menggaris bawahi, memberi sedikit masukan kepada dunia akademis apa yang sudah kita punya dan ke depan bagaimana,” ujar Prabowo usai memaparkan kuliah umumnya.

Ia menjelaskan beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh Indonesia dari berbagai sisi seperti keamanan, ekonomi, SDM, yang mendapatkan pengaruh akibat situasi luar negeri dengan adanya terorisme, hingga perang Ukraina.

“Kita bersinergi dan berharap masalah pertahanan dan masalah strategi itu dibahas, dikaji, juga masalah sejarah sangat penting. Kita sepakat untuk kepentingan pendidikan generasi penerus kita, anak-anak muda harus mengerti bahwa kita adalah bangsa yang sangat besar,” lanjutnya.

Sementara itu, Andy Fefta Wijaya selaku Dekan FIA UB sekaligus Ketua Fordekiis menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kolaborasi antara pihak kampus dengan pemerintah pusat. Menurutnya konsep ketahanan bukan sekadar keamanan suatu negara namun juga menyasar berbagai elemen sehingga di sinilah pentingnya ilmu-ilmu sosial dalam dunia akademik.

“Ketahanan itu konsepnya makro, SDM jyga sesuatu yang sangat penting jadi bukan hanya konsep keamanan tapi masalah ekonomi juga masuk. Ilmu-ilmu sosial yang perlu dikuatkan terutama sejarah, kebijakan publik karena itu yang menentukan,” ujar Andy Fefta.

Andy Fefta pun turut menyampaikan pesan yang sempat diutarakan oleh Prabowo, bahwa penting untuk mennguatkan pelayanan publik maupun managemen publik. Hal-hal tersebutlah yang banyak ditekankan oleh kajian dalam ilmu sosial.

 

 

 

Pewarta: Lutfia 

Editor: Ubaidhillah