Bermula Hobi, Warga Kediri Ini Raup Untung Belasan Juta Rupiah Dari Bisnis Breeder Kucing Ras | SATUKANAL.COM
Kediri

Caption: Rubianto atau John Ruby saat memberikan makanan ke kucing ras. Doc: Anis/Satukanal.com

Satukanal.com, Kota Kediri – Warga Kediri ini berhasil meraup untung belasan juta rupiah dari usaha breeder kucing ras. Usahanya bermula dari hobi, yang akhirnya menjadikan usaha itu sebagai penghasilan utama.

Adalah Rubianto, warga Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, yang menggeluti usaha breeder kucing ras hingga sukses.

Rubianto mulai menggeluti bisnis breeding kucing ras sejak 2018 lalu. Tak hanya breeding, pria yang akrab disapa John Ruby ini juga membuka jasa pacak kucing dengan berbagai ras.

Dari usaha pacak kucing, John Ruby bisa meraup untung hingga belasan juta rupiah. Sedangkan dari hasil breeding bisa memperoleh puluhan juta rupiah.

“Kalau yang paling mahal itu jenis anakan kucing cebol atau munchkin, dia rate harganya untuk yang standard usia tiga bulanan, antara Rp3 juta – Rp10 juta. Kalau Persia Peaknose mulai Rp2 juta,” ujar John Ruby, Rabu (10/8/2022).

Dari jasa mengawinkan kucing ras, John Ruby bisa menerima ‘pesanan’ 50 kucing bahkan lebih dalam sebulan.

Untuk satu kali jasa pacak atau mengawinkan kucing, ia mengenakan tarif mulai dari Rp200 ribu hingga Rp1 juta, tergantung dari jenis kucing yang dipacak.

“Awalnya hobi juga, hanya pelihara satu kucing ras yaitu Persia Peaknose, untuk peliharaan pribadi dan diliarkan juga,” ujarnya.

Tak hanya Persia Peaknose, sekarang John Ruby memiliki beberapa kucing pejantan seperti Ras Scottish Fold, British Short Hair, hingga BSH Munchkin atau cebol.

Dari hasil pacak tersebut, ia bisa mendapat penghasilan yang jauh lebih besar. Untuk anakan kucing ras harganya beragam mulai dari Rp2 juta hingga Rp10 juta, tergantung ras dan anatomi kucing.

“Memang lebih besar dari hasil breeding, namun jangka waktunya juga lebih panjang. Dari kucing mulai pacak, hamil, melahirkan, dan siap dilepas adopsi membutuhkan waktu kurang lebih 5 bulan. Satu kucing indukan betina hanya bisa menghasilkan anak dua kali setahun. Jadi harus punya banyak,” paparnya.

Pewarta: Anis
Editor: U Hadi

Advertisements