Berantas Human Trafficking, Pemkot Malang Gencarkan Operasi Gabungan | SATUKANAL.COM
Malang

Caption: Petugas Satpol PP Kota Malang dalam operasi gabungan pencegahan human trafficking, Jumat (17/6/2022) (Foto: Humas Pemkot Malang)

Satukanal.com, Kota Malang – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang semakin serius menjamin perlindungan terhadap perempuan. Hal itu dibuktikan dengan digencarkannya operasi gabungan bersama TNI/Polri untuk menanggulangi human trafficking.

Operasi gabungan yang digelar pada Jumat (17/6/2022) kemarin menyasar empat lokasi. Hasilnya ditemukan lima orang telah melanggar Perda Nomor 8 tahun 2005 tentang Larangan Pelacuran dan Perbuatan Cabul.

“Operasi gabungan saya harap kolaborasi dengan perangkat RT/RW, juga edukasi dan literasi tentunya harus dikedepankan,” ujar Wali Kota (Walkot) Malang, Sutiaji, kepada wartawan di Kota Malang, Sabtu (18/6/2022).

Baca Juga :  Hampir Sepekan Pasokan Air Bersih di Kota Malang Alami Kemacetan, Ini Penjelasan Dirut Perumda Tugu Tirta

“Kita ingin tekan terus kekerasan terhadap perempuan, apapun bentuknya. Kota Malang harus ramah perempuan,” lanjut dia.

Sebagai Walkot Malang, Sutiaji memang memberikan perhatian khusus terhadap permasalahan perdagangan manusia.

Menurutnya, perbuatan tersebut merupakan bentuk kejahatan kemanusiaan yang perlu dilakukan pencegahan.

Belum lagi saat ini masalah perdagangan manusia ditunjang dengan kecanggihan teknologi, sehingga human trafficking semakin mudah dilakukan.

Kepala Satpol PP Kota Malang, Heru Mulyanto menambahkan, dalam operasi gabungan tersebut pihaknya mengerahkan tiga regu.

Baca Juga :  Jalan Basuki Rahmat Kota Malang Akan Jadi Searah pada Awal Tahun 2023

“Kita lakukan upaya penegakan sejumlah Perda, termasuk ada beberapa temuan yang kita lakukan pembinaan terkait Perda Larangan Pelacuran dan Perbuatan Cabul. Harapan kami termasuk juga bagian pencegahan human trafficking,” beber Heru.

Adapun sejumlah pelanggar yang terjaring razia telah dilakukan pendataan, dan akan mendapatkan pembinaan dari petugas Dinas Sosial P3AP2KB Kota Malang.

Tak hanya persoalan human trafficking, pelacuran, dan perbuatan cabul, para petugas pun juga melakukan penegakan Perda terkait reklame dan pengawasan minuman beralkohol. (ADV)

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi