SATUKANAL.COM
Malang
Caption: Bawaslu Kota Malang dan instansi terkait dalam kegiatan launching Sentra Gakkumdu, Rabu (30/11/2022). Doc: Lutfia/Satukanal.com
BERITA Kanal Highlight Malang Raya

Bawaslu Kota Malang Luncurkan Sentra Gakkumdu

Satukanal.com, Kota Malang – Tahun 2024 merupakan ajang besar bagi perpolitikan di Indonesia.

Pada tahun tersebut, Pemilu dilaksanakan secara serentak. Berbagai kekhawatiran pun timbul mengingat rawannya permasalahan ketika serangkaian Pemilu serentak berlangsung.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang, mengambil langkah aman dengan membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk mengatasi apabila terjadi pelanggaran pidana dalam Pemilu nanti.

“Hari ini Bawaslu Kota Malang lakukan launching Sentra Gakkumdu untuk Pemilu 2024. Ketika nanti ada pelanggan pidana, Bawaslu tidak mengawasi sendiri, tapi ada unsur Kejaksaan dan Kepolisian juga. Nanti bisa bantu Bawaslu pertajam kasus yang sifatnya pidana, harapannya ditindak dan tertangani lebih cepat,” jelas Kepala Bawaslu Kota Malang, Alim Mustofa, Rabu (30/11/2022).

Beberapa hal yang bisa menjadi potensi permasalahan pada saat Pemilu 2024 seperti perusakan hingga isu hoaks.

Alim mengatakan, pihaknya tak ingin kejadian pada Pemilu sebelumnya yang sempat terjadi tindakan pengrusakan properti terulang.

“Jadi potensi nanti misalnya sudah penetapan peserta Pemilu, terjadi perusakan, isu hoaks, itu bisa menjadi potensi pidana di Pemilu. Paling tidak kita akan kerja sama dengan polisi, supaya mengusut dan menangani untuk tindak lanjut. Sepanjang ada unsur pidana, masuk ranah polisi,” sambung Alim.

Kapolresta Malang, Kombes Pol Budi Hermanto menambahkan, pihaknya akan turut serta dalam pengawalan jalannya Pemilu nanti.

Bahkan Polresta Malang, lanjut Alim, akan mengerahkan bidang kehumasan untuk turut menyebarluaskan informasi mengenai Pemilu, sehingga dapat sinkron dengan KPU, Bawaslu, maupun pihak-pihak terkait.

“Kita juga akan mengawal seperti berita hoaks dan menyinkronkan bidang kehumasan, sehingga informasi yang keluar dari Bawaslu dan KPU juga akan kami searakan di Kejaksaan, Kepolisian, dan pemerintah daerah, sehingga masyarakat tidak ragu dengan informasi yang ada,” tutur Buher, sapaan akrab Budi Hermanto.

Pewarta: Lutfia
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com