SATUKANAL.COM
Bawaslu Bondowoso
Caption: Para komisioner Bawaslu Kabupaten Bondowoso sedang menggelar rapat koordinasi. Doc: Bawaslu Kabupaten Bondowoso
BERITA Jatim Kanal Highlight

Bawaslu Bondowoso Perpanjang Pendaftaran Panwascam Khusus Perempuan di 16 Kecamatan

Satukanal.com, Kabupaten Bondowoso – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bondowoso memperpanjang masa pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas  Kecamatan (Panwascam) khusus perempuan.

Hal itu karena pendaftar di beberapa kecamatan di Kabupaten Bondowoso belum memenuhi 30 persen keterwakikan perempuan.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Ridwantoro mengatakan, dari 23 kecamatan di Kabupaten Bondowoso ada 16 kecamatan yang diperpanjang waktu pendaftaran Panwascam khusus perempuan.

Ke-16 kecamatan itu yakni Kecamatan Maesan, Tamanan, Tlogosari, Sukosari, Pujer, Grujugan, Tapen, Wringin,  Tegalampel, Cerme, Pakem, Ijen, Binakal, Taman Krocok, Botolinggo, dan Jambesari Darussholah.

“Dibuka mulai 2 Oktober Sampai 8 Oktober 2022” kata Ridwan kepada Satukanal.com, Sabtu (1/10/2022).

Menurut Ridwan, perpanjangan masa pendaftaran Panwascam ini sesuai petunjuk Bawaslu RI, dan amanah UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, serta sebagaimana diatur dalam Peraturan Bawaslu No 08 tahun 2019.

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa dalam rekrutmen Panwascam harus memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan.

“Sebagai komitmen Bawaslu RI terhadap afirmasi gender perempuan,” ujar Ridwan.

Ridwan menjelaskan, di masing-masing kecamatan harus ada 30 persen pendaftar kaum hawa dari total pendaftar yang ada.

Misal Kecamatan A, pendaftarnya laki-laki 7 orang dan perempuan 3 orang, hal itu dinyatakan sudah memenuhi kuota.

Namun, lanjut  Ridwan, jika di suatu kecamatan pendaftarnya 20 orang laki-laki dan hanya 3 orang perempuan, tentu hal itu belum memenuhi 30 persen kuota perempuan.

“Ada yang cuma 3 orang pendaftar perempuan tapi sudah cukup. Ada yang sampai 4 orang pendaftar perempuan tapi masih kurang dan akhirnya diperpanjang. Acuannya jumlah total pendaftar di satu kecamatan itu,” terang Ridwan.

Ia menegaskan, pendaftaran calon Panwascam di 16 kecamatan yang diperpanjang ini khusus bagi perempuan, bukan untuk pendaftar laki-laki.

“Ya untuk kaum perempuan saja,” pungkas Ridwan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Satukanal.com, per tanggal 27 September 2022 ada 416 laki-laki dan 136 perempuan yang mendaftar Panwascam di Bawaslu Bondowoso.

Pewarta: Ubay
Editor: U Hadi

Kanal Terkait

Satukanal.com