Bagaimana Porsi Sarapan Yang Tepat? Ini Penjelasan Dosen IPB | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
porsi sarapan

Ilustrasi Pecel makanan khas Jawa Timur

Satukanal.com, Nasional – Sarapan merupakanan hal paling penting. Sudah banyak penelitian yang membuktikan perihal pentingnya sarapan dan menentukan porsi sarapan di pagi hari ini.

Banyak orang yang melewatkan sarapan bahkan memilih melewatkan waktu sarapan. Namun, tidak sedikit pula yang justru bisa makan banyak saat sarapan.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya menu sarapan juga ada porsi idealnya. Hal ini disesuaikan dengan aktivitas yang akan dilakukan seharian.

Porsi ideal sarapan

Menurut Dosen Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Karina Rahmadia Ekawidyani, mengungkapkan, porsi ideal untuk sarapan yang tepat yakni:

  • Mengandung 25 persen hingga 30 persen dari total kebutuhan asupan gizi dalam sehari,
  • Kandungan gizi pada menu sarapan mencakup sumber karbohirat, proptein dan sumber lemak yang sehat dan serat.
Baca Juga :  Ade Yasin Bakal Rayakan Lebaran di Rutan, Setelah Resmi Ditahan KPK 20 Hari

Dampak tidak sarapan

Melewatkan sarapan juga membawa dampak tidak bagus, tubuh akan merasa lemas dan kurang bisa konsentrasi karena tidak punya energi untuk melakukan aktivitas.

Kalau kamu belum terbiasa dengan porsi sarapan besar, tidak perlu langsung dipaksakan sekarang juga. Kamu bisa mulai secara pelan-pelan. Misalnya, dengan menyantap setangkup roti tawar untuk sarapan.

Nantinya bila sudah terbiasa, Kamu bisa menambahkan telur rebus atau buah-buahan segar. Begitu seterusnya sampai bisa makan pagi sebanyak porsi makan siang.

Baca Juga :  Pemprov Jawa Barat Gelar Konpers di Tengah Kabar Hoax Anak Ridwan Kamil, Emmiril Khan

Meski begitu, tetap perhatikan porsi camilan, makan siang, dan makan malammu. Jangan sampai tetap makan siang dan makan malam dengan porsi berlebihan.

 

 

Editor : Naviska