Awalnya Tidak Tahu Apa-apa, Kini Warga Pamekasan Ini Jadi Pengusaha Kue | SATUKANAL.COM

Satukanal.com, Pamekasan – Zahrotul Jannah tak menyangka dapat merasakan berkah langsung dari program pelatihan keterampilan Wira Usaha Baru (WUB). Setelah mengikuti pelatihan selama sepuluh hari, warga Desa Tamberu, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan ini mampu memproduksi beraneka macam kue.

Dari yang awalnya tak punya apa-apa, Zahrotul Jannah bahkan dapat merekrut 3 karyawan.  “Alhamdulillah berkat saya mengikuti pelatihan WUB, saat ini saya punya usaha Catering, yang dari yang awal saya tidak tau apa-apa, sekarang saya jadi tau dan bisa punya penghasilan sendiri, dan bahkan saya bisa mempekerjakan 3 orang tetangga saya,” ujarnya.

Ada berbagai macam jenis kue yang diproduksinya. Seperti, kue lapis, brownis, donat serta beraneka ragam kue kering serta jenis lainnya. Pemasarannya juga berkembang. Dari semula hanya melayani pesanan tetangga, usaha kuenya berkembang pesat. Pesanan membludak, bahkan ada yang dari luar Kabupaten Pamekasan. Kue-kue buatannya juga sudah masuk ke toko-toko, baik tradisional maupun modern.

Zahrotul Jannah berharap bisa semakin maju dan sukses, sehingga dapat menyerap tenaga kerja di sekitar rumahnya. Kendalanya, ada keterbatasan peralatan catering. “Saat ini saya masih kekurangan peralatan catering, semoga saya segera bisa melengkapinya,” harapnya

Ikut Program WUB, Didampingi sampai Berhasil

Jannah adalah satu sekian banyak warga yang mengikuti program 10 ribu WUB  atau yang dikenal dengan Saputangan Biru yang diprogramkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Tak hanya pelatihan, implementasi dari pelatihan akan mendapatkan support dari Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Peserta WUB akan mendapatkan pendampingan hingga sukses.

Saheri, pendamping WUB Kecamatan Batumarmar  mengatakan, pendamping akan terus memberikan pendampingan terhadap para peserta yang  mengikuti pelatihan WUB, baik dari segi perizinan dan pemasaran baik secara online maupun offline.

“Kita juga akan membantu mengurus pinjaman modal usaha yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah untuk Para Pelaku Wira Usaha Baru dengan bunga 1% pertahunnya,” pungkasnya. (Nurus Sholihin/Danu S)