Aturan Berenang di Sungai Aare

Sungai Aare di Bern, Swiss (Foto: suara.com)

Satukanal.com, Nasional– Tak banyak yang mengetahui aturan berenang di sungai Aare yang menjadi lokasi hilangnya anak Ridwan Kamil.

Seperti diktehaui, anak sulung Gubernur Jawa Barat itu belum ditemukan usai terseret arus sungai Aare saat berennag bersama adik dan kawannya.

Kabar hilangnya Eemeril Khan Mumtadz (Eril) pada Jum’at (27/05/2022) ini cukup mengejutkan banyak pihak. Hingga saat ini pun, pencarian masih terus dilakukan. Lantas, bagaimana sebenarnya aturan berenang di Sungai Aare, Swiss tersebut?

Melansir dari Bern.com, Sungai Aare memang kerap dijadikan lokasi untuk berenang oleh warga sekitar lantaran mempunyai pemmandanga yang indah. Terlebih saat musim panas tiba, banyak orang yang akan berenang dan menikmati sungai terpanjang di Swiss ini.

Tak hnaya itu, berenang di Sungai Aare juga sudah menjadi tradisi warga Swiss yang bahkan sudah terdaftar di Unesco.

Sungai yang memiliki pajanng 288 kilometer juga diketahui mengaliri banyak desa. Berbagai aktivitas juga kerap dilakukan di sungai ini, seperti berenang, naik perahu karet atau sekedar menikmati suasana di pinggir sungai.

Baca Juga :  Kenali Gejala Epilepsi yang Kerap Disalahartikan Sebagai Penyakit Menular dan Gangguan Jiwa

Meski demikian, untuk bisa berenang di sungai, pemerintah memberlakukan sejumlah himbauan yang harus dipatuhi oleh warganya. Imbauan tersebut dibagikan melalui situs resmi Kota Bern.

Terdapat 6 peraturan yang perlu ditaati oleh setiap warga yang berkunjung ke Sungai Aare untuk berenang. Aturan berenang di Sungai Aare Swiss ini diterbitkan demi menjaga keamanan dan keselamatan orang-orang yang datang. Simak ulasannya di bawah ini.

Aturan Berenang di Sungai Aare, Swiss

Aturan pertama adalah anak-anak diizinkan berada di dekat air hanya saat diawasi orang dewasa. Anak-anak ini pun tak diperbolehkan berada jauh dari jangkauan orang tua maupun orang yang menjaganya.

Kemudian, tidak diperkenankan masuk ke dalam sungai saat di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan. Tidak disarankan pula berenang di sungai dengan perut kekenyangan atau bahkan benar-benar kosong.

Baca Juga :  Apa itu Ramsay Hunt Syndrome yang Diderita Justin Bieber dan Membuat Turnya Ditunda?

Selanjutnya, saat tubuh terlalu panas tidak diperbolehkan untuk langsung terjun ke sungai. Tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan terlebih dulu dengan lingkungan secara bertahap.

Aturan ke empat, tidak diperbolehkan untuk berenang atau menyelam ke area air yang tak diketahui. Area yang tidak diketahui itu bisa jadi sangat berbahaya.

Aturan berikutnya adalah pelampung tangan dan kasur mengapung tak disarankan digunakan di sungai lantaran tak ada proteksi yang memadai. Terakhir, tak disarankan untuk berenang jarak jauh sendirian.

“Seorang perenang terbaik pun bisa saja mengalami serangan kelemahan,” tulis imbauan tersebut.

Nah, itulah sejumlah aturan berenang di sungai Aare, Swiss yang mungkin belum banyak diketahui. Imbauan-imbauan ini ditujukan untuk menjaga keselamatan warga yang hendak berenang di Sungai Aare. (adinda)