Apriyani Rahayu, Satu-satunya Atlet Indonesia Yang Masuk Daftar 30 Under 30 Forbes Asia | SATUKANAL.COM
Apriyani Rahayu

Apriyani Rahayu memeluk Greysia Polii (Foto: Innstagram @r.apriyanig)

Satukanal.com, Nasional– Prestasinya di dunia olahraga khususnya bulu tangkis membawa Apriyani Rahayu masuk dalam Forbes 30 Under 30 2022 kategori Asia. Apriyani menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang masuk daftar Forbes 30 Under 30 di kategori entertainment & sport.

Pebulutangkis 24 tahun itu bersanding dengan atlet dunia seperti pemanah An San, skater Momiji Nishiya, pembalap F1 Zhou Guanyu.

Dalam keterangannya, pihak Forbes memilih Apriyani sebagai salah satu sosok di bawah 30 tahun paling berpengaruh di Asia dari kategori olahraga karena prestasi yang cemerlang.

“Apriyani Rahayu membuat sejarah di Olimpiade Tokyo dengan meraih emas di nomor ganda bulutangkis bersama pasangannya, Greysia Polii, membuat Indonesia menjadi negara kedua setelah China yang meraih kelima medali emas di cabang olahraga tersebut,” tulis pihak Forbes.

“Apriyani bergabung dengan tim nasional pada 2017 saar usia 19, dan dalam waktu enam bulan pasangan ini masuk ke peringkat 10 besar global dan saat ini No. 6. Dia telah mengumpulkan lebih dari 1 juta pengikut Instagram,” sambung pihak Forbes.

Baca Juga :  Sejarah Lagu 17 Agustus Hari Merdeka, Lengkap Dengan Liriknya!

Menukil laman BWF, diketahui Apriyani mengukir sejarah di Tokyo dengan memenangkan emas Olimpiade pertama untuk Indonesia di multievent terakbar dunia Olimpiade, khususnya di sektor ganda putri.

Apriyani bersama pasangannya Greysia Polii menembus kampiun tertinggi usai mengalahkan ganda China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dua gim langsung 21-19 dan 21-15 pada partai final, awal Juli 2021.

Tak hanya itu, Forbes juga memasukkan dalam bionya bahwa Apriyani Rahayu nyaris memiliki 1 juta pengikut di media sosialnya, terutama Instagram dan merupakan duta salah satu merk ponsel Indonesia dan makanan instan.

Selain Apriyani, pebulutangkis yang juga namanya masuk dalam daftar ialah juara dunia Loh Kean Yew dari Singapura.

Ia juga menjadi pemain bulutangkis terbaru yang diakui Forbes lantaran menjadi juara dunia bulutangkis Singapura pertama.

Baca Juga :  Download Lagu 17 Agustus Hari Merdeka Berbagai Versi Untuk Meriahkan HUT RI, Begini Caranya!

Atlet berusia 24 tahun itu mengalahkan Kidambi Srikanth di final tunggal putra untuk memenangkan gelar Kejuaraan Dunia BWF di Huelva, Spanyol, pada Desember lalu.

Baik Apriyani Rahayu dan Loh Kean masuk di antara 18 atlet kategori hiburan dan olahraga yang sukses di bidangnya di bawah usia 30 tahun. Mereka juga dinilai menginspirasi perubahan dan menunjukkan kepemimpinan di tengah tantangan pandemi global pada tahun lalu.

Adapun sebelumnya, lebih dari 4.000 nominasi diajukan untuk masuk dalam daftar tahun ini. Hingga kemudian 300 finalis terpilih, kemudian diseleksi kembali oleh sekelompok juri.

Sebanyak 22 negara dan wilayah terwakili dalam daftar tersebut. India menempati peringkat pertama dalam hal jumlah yang masuk yaitu 61, Singapura (34), Jepang (33), Australia (32), Indonesia (30), dan China (28). (adinda)