17 Aplikasi Berbahaya Ponsel, Bisa Retas Data Hingga Bobol Rekening | SATUKANAL.COM
Aplikasi Berbahaya Ponsel

Gambaran ponsel smartphone (Foto: freepik)

Satukanal.com, Nasional– Jangan sembarangan menginstall aplikasi di ponsel. Ada aplikasi berbahaya ponsel yaang bisa meretas data bahkan bisa membobol rekening bank anda. Untuk itu, sebaiknya kalian mulai berhati-hati.

Peneliti dari Trend Micro menyebut, sedikitnya ada 17 aplikasi berbahaya di Google Play Store yang dapat menyebarkan malware banking untuk membobol rekening pengguna.

Aplikasi berbahaya tersebut digolongkan sebagai Dawdropper karena mereka bisa menghindari deteksi Google Play Protect.

“DawDropper menggunakan Firebase Realtime Database, layanan cloud pihak ketiga, untuk menghindari deteksi dan secara dinamis mendapatkan alamat download payload. Mereka juga menampung muatan berbahaya di GitHub,” kata peneliti dari Trend Micro dikutip dari suara.com.

Lebih lanjut disebutkan olehnya bahwa aplikasi pembobol rekening bank tersebut kerap menyamar menjadi aplikasi yang berbasis produktivitas atau tools, seperti alat pemindai gambar, pembaca QR code, layanan VPN sampai perekam panggilan telepon.

Baca Juga :  5 Aplikasi Sadap WhatsApp Selain Social Spy WhatsApp

Setelah aplikasi tersebut diinstal di ponsel di ponsel pengguna, aplikasi-aplikasi tersebut akan mengunduh malware berbahaya, seperti Octo (Coper), Hydra, Ermac, dan Teabot.

Adapun. malware Octo dikenal sangat berbahaya karena dapat mematikan layanan Google Play Protect dan mencegah masuknya SMS ke ponsel pengguna.

Malware ini juga menggunakan virtual network computing (VNC) yang dapat merekam layar perangkat milik korban lalu mengambil data-data penting milik korban, seperti alamat email, PIN, Password yang dapat digunakan untuk membobol rekening tabungan.

Daftar Aplikasi Berbahaya Ponsel

Dari ulasan di atas,s etidaknya kewaspadaan dan kehatian-hatian anda harus lebih ditingkatkan saat hendak menginstall aplikasi di ponsel anda. Alih-alih ingin mempermudah aktivitas atau pekerjaan anda, justru bisa membahayakan anda. Berikut daftar aplikasi berbahaya ponsel yang perlu diketahui:

  1. Call Recorder APK (com.caduta.aisevsk)
  2. Rooster VPN (com.vpntool.androidweb)
  3. Super Cleaner- hyper & smart (com.j2ca.callrecorder)
  4. Document Scanner – PDF Creator (com.codeword.docscann)
  5. Universal Saver Pro (com.virtualapps.universalsaver)
  6. Eagle photo editor (com.techmediapro.photoediting)
  7. Call recorder pro+ (com.chestudio.callrecorder)
  8. Extra Cleaner (com.casualplay.leadbro)
  9. Crypto Utils (com.utilsmycrypto.mainer)
  10. FixCleaner (com.cleaner.fixgate)
  11. Just In: Video Motion (com.olivia.openpuremind)
  12. com.myunique.sequencestore
  13. com.flowmysequto.yamer
  14. com.qaz.universalsaver
  15. Lucky Cleaner (com.luckyg.cleaner)
  16. Simpli Cleaner (com.scando.qukscanner)
  17. Unicc QR Scan
Baca Juga :  Supermoon Terakhir Tahun Ini Bisa Disaksikan 12 Agustus, Jangan Terlewat!

Setelah melihat daftar Aplikasi Berbahaya Ponsel di atas, coba cek apakah 17 aplikasi tersebut ada di ponsel anda? Apabila ada, sebaiknya segera hapus agar tidak berisiko terkena pembobolan rekening oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

 

(Adinda)