Antisipasi Penyebaran PMK, Satgas Pangan Polres Blitar Kota Ikut Pantau Perdagangan Sapi
May 22, 2022
Blitar

Caption: Satgas Pangan Polres Blitar dan Dinas Peternakan Kab Blitar mengecek kesehatan sapi di Pasar Cangkring hari ini (Bahtiar/Satukanal.com)

Satukanal.com, Blitar – Satgas Pangan Polres Blitar Kota diterjunkan untuk memantau perdagangan sapi di wilayah hukumnya. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan sapi,

Bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar, pada Rabu (11/5/2022) sore Satgas Pangan Polres Blitar Kota pun diterjunkan untuk mengecek kesehatan sapi di Pasar Cangkring, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Kasi Humas Polres Blitar Kota, Iptu Ahmad Rochan mengatakan, dari hasil pengecekan tersebut petugas tidak menemukan sapi yang memiliki gejala-gejala terkena PMK.

Baca Juga :  Bupati Mojokerto Sebut Daging Sapi Terjangkit PMK Aman Dikonsumsi

Tetapi, lanjut Rochan, petugas tetap memberikan pengarahan dan sosialisasi terkait bahaya PMK pada hewan ternak kepada masyarakat.

“Hari ini Satgas Pangan Polres Blitar Kota dan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar mengecek kesehatan sapi di Pasar Cangkring Ponggok. Hasilnya tidak ditemukan hewan yang memiliki gejala penyakit mulut dan kuku,” kata Rochan,  Rabu (11/5/2022).

Dikatakannya, pengecekan sapi yang diperdagangkan di Pasar Cangkring tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran PMK di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

Baca Juga :  Lima Anak Sapi di Jombang Mati, Diduga Terjangkit Wabah PMK

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai langkah mitigasi bila ditemukan kasus PMK pada hewan ternak di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

“Kegiatan ini sebagai upaya pencegahan, sekaligus mitigasi bila ditemukan kasus Penyakit Mulut dan Kuku di wilayah hukum Polres Blitar Kota. Kami segera melakukan penanganan dan melibatkan instansi terkait,” ujarnya.

Pewarta: Bahtiar
Editor: U Hadi