Antisipasi Ledakan Sampah Lebaran, DLHK Mojokerto Siagakan 195 Personel
May 22, 2022
ledakan sampah lebaran

Petugas kebersihan menyapu malam hari. (foto: alawi/satukanal.com)

Satukanal.com, Mojokerto – Ledakan sampah lebaran menjadi perhatian Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Mojokerto.

Mengantisipasi ledakan sampah lebaran, DLHK mengerahkan truk amrol 5, dam truk 8, Pick up 4 , Roda 3 ada 7. Selain itu juga disiagakan 195 petugas kebersihan atau pesapon untuk mengatasi jumlah sampah yang terus meningkat.

“Kami akan menyiagakan 195 pesapon satu hari sebelum Lebaran dan pasca perayaan Idul Fitri . Untuk hari H dan H+1, petugas kebersihan tetap ada yang piket secara bergantian,” ungkap Bambang Mujiono, Kepala Dinas  DLHK Kota Mojokerto kepada satukanal.com, Sabtu (30/4/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Mojokerto Erijanto Mukti Wibowo mengatakan, tidak ada penambahan armada truk sampah. Namun pihaknya memberlakukan lembur personil.

Menurut Eri, petugas kebersihan akan piket secara bergiliran hingga selesai cuti bersama atau H+4 Lebaran. Selanjutnya, jumlah pesapon yang bertugas membersihkan Kota Mojokerto dari sampah, akan normal kembali.

“Hingga H+4 petugas piket bergantian, dan siap lembur, ” ujar Eri.

Dia mengungkapkan, selalu terjadi peningkatan sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Randegan di Lingkungan Randegan, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, di saat Lebaran Idul Fitri. Hal tersebut akibat meningkatnya aktivitas masyarakat jelang maupun setelah perayaan Lebaran Idul Fitri.

“Melihat tahun-tahun sebelumnya, terjadi peningkatan sampah di Hari Raya Idul Fitri.Hari biasa rata-rata  60 sampai dengan 70 ton, kalau Idul Fitri ada kenaikan kurang lebih 10 persen. Kebanyakan sampah kertas, selongsong petasan, plastik dan paling banyak sampah organik rumah tangga,” ungkap Eri

Dia menambahkan, beberapa titik yang menjadi pantauan sampah pada malam takbiran antara lain, alun-alun dan masjid Agung, serta pasar tradisional. “Para petugas kebersihan akan kami tempatkan di tempat-tempat keramaian jelang lebaran dan saat lebaran,” tegasnya.

Eri berharap, masyarakat tetap membuang sampang pada tempatnya. “Kami berharap masyarakat membuang sampah pada tempat yang telah kami sediakan,” harapnya.

Reporter: Alawi

Editor : Danu S