12 Amalan Bulan Muharram Sesuai Sunnah Yang Bisa Dikerjakan, Ada Puasa Dan Ziarah
Amalan Bulan Muharram

Ilustrasi Tahun Baru Islam (Foto: Freepik)

Satukanal.com, Nasional– Adakah amalan bulan Muharram yang bisa dilakukan? Seperti diketahui, Rasulullah mengajarkan amalan di bulan Muharram sesuai sunnah kepada umat Islam. Amalan ini dilakukan karena bulan Muharram merupakan bulan yang dimuliakan Allah atau syahrullah.

Amalan sunnah bulan Muharram artinya perbuatan atau kebiasaan baik yang akan mendatangkan pahala jika dilakukan. Namun, tidak menimbulkan dosa bila tidak dikerjakan. Amalan di bulan Islam ini mencakup perbuatan yang bisa dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama-sama atau sosial.

Keutamaan amalan sunnah bulan Muharram adalah untuk menyempurnakan ibadah sebagai muslim. Adapun, beberapa amalan bulan Muharram yang mendatangkan berbagai keutamaan.

Amalan Bulan Muharram

Melansir dari lama NU Online, ada 12 amalan di bulan Muharram yang disunnahkan oleh Rasulullah. Berikut rinciannya.

1. Menunaikan Salat

Salah satu aman yang bisa dilakukan di bulan Muharram adalah menunaikan salat wajib maupun memperbanyak salat sunnah. Hal ini sebagai salah satu amalan yang disebutkan saat datangnya bulan Muharram. Bagi umat Islam, sebaiknya tidak meninggalkan saat wajib terutama di bulan ini.

2. Berpuasa

Amalan kedua yang bisa dilakukan yakni berpuasa. Puasa Muharram merupakan puasa yang banyak dilakukan umat setelah puasa Ramadan. Puasa Muharram juga lebih utama dari puasa di bulan Syakban yang juga sering diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Tidak ada patokan khusus harus berapa hari puasa Muharram. Artinya, puasa bisa dilakukan hanya sehari, dua hari, tiga hari, sampai sepanjang bulan Muharram jika tidak memberatkan umat.

Meski begitu, ada hari-hari utama untuk berpuasa di bulan Muharram, yaitu puasa Tasua pada 9 hari pertama atau 9 Muharram, puasa Asyura pada 10 hari pertama atau 10 Muharram, dan puasa Ayyamul Bidh pada 13-15 hari pertama atau 13-15 Muharram.

3. Silahturahmi

Amalan Bulan Muharram berikutnya adala bersilahturahmi. Amalan ini termasuk yang dijarkan leh Rasulullah. Adapun, silahturahmi bisa dilakukan kepada keluarga, kerabat dekat ataupun tetangga di sekitar rumah.

4. Bersedekah

Selanjutnya adalah bersedekah. Rasulullah juga mengajarkan amalan bersedekah pada bulan Muharram. Hendaknya umat memperbanyak sedekah pada bulan ini karena adanya berbagai keutamaan yang bisa diperoleh.

5. Mandi

Amalan sunah bulan Muharram selanjutnya adalah mandi, khususnya menjelang puasa Asyura. Selain bertujuan untuk membersihkan diri, mandi saat 10 Muharram ini punya keutamaan yaitu untuk terbebas dari penyakit selama satu tahun.

6.Menggunakan Celak Mata

Bagi perempuan, amalan sunah yang bisa dilakukan adalah menggunakan celak mata atau eyeliner. Bahkan Rasulullah pernah menganjurkan memakai celak, berikut bunyi arti dari salah satu haditsnya:

Artinya: “Bercelaklah dengan itsmid, karena ia dapat menerangkan pandangan dan menumbuhkan bulu (mata),” (HR At Tirmidzi).

7. Berziarah

Berikutnya adalah berziarah. Ziarah kubur pada bulan pertama tahun Baru Islam ini tidak hanya dilakukan kepada keluarga tetapi juga kepada para ulama. Anda bisa berziarah ke makam-makam para ulama dan mendoakannya.

8. Menjenguk orang sakit

Rasulullah mengajarkan amalan sunah untuk menjenguk orang sakit pada bulan Muharram. Dianjurkan pula untuk mendoakan kesembuhan baginya dan bisa kembali mendapatkan kesehatannya.

9. Menambah nafkah keluarga

Bagi kepala keluarga, amalan sunah yang bisa dilakukan adalah menambah nafkah keluarga. Tambahan nafkah yang diberikan kepada keluarga ini menjadi berkah saat dilakukan di bulan Muharram.

10. Memotong kuku

Apabila menjelang Idul Adha, umat Islam tidak dianjurkan memotong kuku. Maka pada bulan Muharram sebaliknya. Di bulan ini justru disunnahkan untuk memotong kuku dan menjadi salah satu amalan yang bisa dikerjakan.

11. Mengusap kepala anak yatim

Mengusap kepala anak yatim dapat diartikan sebagai bentuk silaturahmi kepada mereka sekaligus membantu mengurus mereka. Amalan ini bisa dikerjakan di bulan Muharram.

12. Membaca Surah Al-Ikhlas

Amalan bulan Muharram sesuai sunah terakhir adalah membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 1.000 kali. Amalan menjadi salah satu yang disunnahkan untuk dikerjakan.

Demikianlah, amalan bulan Muharram yang bisa dikerjalan oleh seluruh umat muslim di dunia termasuk di Indonesia. Beberapa amalan mungkin terbilang sederhana. Namun sebenarnya mendatangkan pahala yang besar. Jadi, jangan ragu untuk mengerjakan amalan bulan Muharram di atas.

 

(Adinda)

Advertisements