Aktivitas Kendaraan Muatan Besar Di Jombang Dibatasi Saat Mudik Dan Balik Lebaran
May 27, 2022
Jombang

Caption: Foto ilustrasi truk yang melintas di jalur alternatif di Jombang. (Anggit/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kabupaten Jombang – Menjelang Lebaran 2022, pemerintah kian merinci apa saja yang harus dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kepadatan kendaraan.

Salah satunya dengan membatasi jam berkendara untuk kendaraan muatan besar.

Nah, kebijakan pembatasan aktivitas kendaraan bermuatan besar ini juga berlaku di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang, Hartono mengatakan, memang ada surat edaran dari pemerintah pusat ke setiap daerah perihal pembatasan kendaraan muatan besar.

“Ada surat edaran perhubungan yang ditujukan untuk membatasi aktivitas kendaraan muatan besar selama mudik atau balik lebaran. Jadi selama satu sampai dua Minggu ke depan kendaraan besar akan dikendalikan,” ujar Hartono, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga :  Gubernur Khofifah Kunjungi Peternak Sapi Dawarblandong, Gercap Tanggulangi Wabah PMK di Mojokerto

Surat edaran tersebut, lanjut Hartono, memang diperuntukkan buat truk serta kendaraan besar lainnya. Selama surat edaran itu berlaku, kendaraan besar akan dikendalikan dari H-7 hingga dan H+7 lebaran.

“Ada pembatasan jam tertentu untuk kendaraan besar. Di dalam surat edaran, kendaraan besar tidak dilarang melintas selama 24 jam. Waktunya pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB. Di luar dari jam itu masih boleh melintas, ada kelonggaran,” katanya.

Baca Juga :  Innalillahi, Lily Wahid Adik Kandung Gus Dur Wafat

Aturan tersebut, kata Hartonom berlaku bagi kendaraan besar yang melintas di Tol dan Jalan Nasional. Aturan ini tidak berlaku buat kendaraan besar yang memuat BBM dan bahan pokok.

“Surat edaran itu juga sudah kita edarkan ke asosiasi pemilik dan pengelola truk,” pungkas dia.

Pewarta: Anggit Pujie Widodo
Editor: U Hadi