Ajak Milenial Pahami Sejarah, Pemkab Blitar Gelar Seminar Kepemimpinan Tokoh Nusantara
Blitar

Caption: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, Izul Marom) membuka acara Seminar Kepemimpinam di Amphiteater Penataran, Kamis (2/6/2022). (Foto: Bahtiar/Satukanal.com)

Satukanal.com, Kabupaten Blitar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melaui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) menggelar Seminar Kepemimpinan, Kamis (2/6/2022).

Seminar yang merupakan bagian dari rangkaian acara Festival Kresnayana 2022 ini berlangsung di Amphiteater Penataran Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar, Izul Marom.

Izul menyampaikan, Seminar Kepemimpinan ini ditujukan agar semua pihak bisa lebih memahami Blitar sebagai Blitar Land of Kings yakni, atau Blitar sebagai tanah para raja-raja besar/tokoh-tokoh Nusantara.

Seminar Kepemimpinan ini juga sebagai upaya atau strategi Pemkab Blitat dalam mengomunikasikan, menyampaikan, memberi inspirasi, motivasi pada generasi muda saat ini bahwa di tanah Blitar banyak inspirasi tentang kepemimpinan yang patut diteladani.

Baca Juga :  Damkar Blitar Evakuasi Sarang Tawon Vaspa di Atap Rumah Warga Kendalrejo

“Blitar disucikan oleh tiga kerajaan besar pada saat itu, yakni Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari, dan Kerajaan Majapahit. Dalam perkembangannya, banyak tokoh dari Blitar yang melahirkan mahakarya yang bermanfaat untuk peradaban manusia. Oleh karena itu, para generasi milenial wajib tau,” papar Izul.

Lebih lanjut, Izul berharap melalui kegiatan ini semua pihak dapat belajar kepemimpinan, sehingga cita-cita bersama menjadikan Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia baldatun, toyibatun, warobun ghofur dapat terwujud.

Sementara, Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso menambahkan, tidak hanya Seminar Kepemimpinan saja, Festival Kresnayana 2022 juga dimeriahkan dengan beberapa rangkaian acara.

Baca Juga :  Pererat Kerjasama, Kabupaten Blitar Terpilih Dikunjungi Dubes dan Stasiun TV Kenya

Di antaranya Fashion Show Cakra Palah, Graduation Night Blitar Youth Festival, Pagelaran Sendratari Kresnayana, Pameran UMKM Produk-produk Kreatif, hingga Layanan Perizinan Usaha, kependudukan dan Perbankan.

“Festival Kresnayana VII mengangkat judul Kresnayana Kawedhar (The Story of Kresna). Festival Kresnayana kali ini akan dikemas lebih meriah. Masyarakat umum bisa langsung menyaksikan dan disiarkan langsung melalui Channel YouTube Pemkab Blitar,” lanjutnya.

Sekedar diketahui, Festival Kresnayana 2022 merupakan sebuah pagelaran sendratari yang mengangkat ketokohan Sri Kresna sebagai pembawa pesan kedamaian dunia.

Kisah Kresnayana tersebut diangkat dari sebuah relief yang ada di Candi Penataran, Nglegok, Kabupaten Blitar. (ADV)

Pewarta: Bahtiar
Editor: U Hadi