6 Jam Diperiksa, Haris-Fatia Ditanya Perihal Video Yang Diperkarakan Luhut | SATUKANAL.COM
May 22, 2022
haris fatia

Haris Azhar usai memenuhi panggilan untuk mediasi di Polda Metro Jaya (Suara.com/Alfian Winanto)

Satukanal.com, Nasional – Selasa (18/1/2022) Dua aktivis HAM Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti memilih datang sendiri ke Polda Metro Jaya. Keduanya hadir guna diperiksa sebagai terlapor atas kasus dugaan fitnah dan pencemaran nama baik terhadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Haris mengatakan, dirinya dan Fatia diperiksa selama kurang lebih enam jam oleh penyidik. Pada saat proses pemeriksaan, keduanya ditanya prihal substansi konten-konten yang ada di YouTube Haris Azhar. Termasuk tentang bagaimana riset yang dilakukan untuk mengungkap fakta yang ia temukan ke publik.

Baca Juga :  4 Pesantren Tertua di Indonesia yang Usianya Hampir 3 Abad

“Banyak soal akun Youtube saya lalu juga soal materi konflik of interestnya, dari soal riset,” kata Haris di Markas Polda Metro Jaya.

Haris mengaku dicecar 17 pertanyaan oleh penyidik selama pemeriksaan. Sedangkan Fatia mendapat 20 pertanyaan dari penyidik.

Sementara, Fatia juga mengaku ditanyakan hal yang sama, namun ia lebih banyak ditanya tentang sumber-sumber riset atau data terkait dugaan keterlibatan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di Blok Wabu, Papua.

“Selain itu mempertanyakan terkait soal metodologi dan lain sebangainya. Yang itu tadi sudah dijawab melalui proses pemeriksaan,” jelas Fatia.

Baca Juga :  Profil Bupati Bogor Ade Yasin yang Kena OTT KPK Jelang Hari Raya Idul Fitri 2022

Namun, hingga kini keduanya mengaku masih berstatus sebagai saksi. Haris juga akan menyerahkan beberapa bukti untuk memperkuat temuannya.

“Kita akan sodorkan beberapa bukti dan juga sejumlah saksi dan juga rekomendasi ahli,” jelasnya.

Sebagai informasi, Haris dan Fatia dipolisikan terkait video yang diunggah di akun YouTube dengan judul “Ada Lord Luhut Di balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!!” yang berisi perbincangan antara Haris Azhar dan Fatia.

 

Editor : Naviska