Punya Kandungan Antioksidan, Ini 5 Manfaat Masker Kopi Untuk Kecantikan Kulit Wajah | SATUKANAL.COM
Manfaat Masker Kopi

Menggunakan masker kopi untuk merawat kulit wajah (Foto: Freepik)

Satukanal.com, Nasional– Tahukah anda manfaat masker kopi untuk kecantikan wajah? Bagi anda yang ingin mencari perawatan kulit wajah alami, masker kopi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kopi memang sudah populer dicampur dengan berbagai macam bahan lainnya untuk dijadikan masker. Melansir dari laman Healthline, kopi bisa memberikan efek yang menenangkan pada kulit. Bukan tanpa alasan, ternyata kopi mengandung antioksidan.

Masker kopi bisa dibuat berdasarkan masalah kulit yang dimiliki. Kalau anda ingin mengangkat sel kulit mati serta melembutkan kulit, anda hanya perlu kopi instan dan susu cair.

Cara membuat maskernya pun cukup mudah. Cukup campurkan 1 sendok makan kopi dan 1/2 sendok makan susu hingga menjadi pasta. Setelahnya, oleskan ke kulit yang sudah dibersihkan lalu pijat lembut. Diamkan selama 20 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin.

Selain bisa menghaluskan dan mengangkat sel kulit mati, ternyata masker kopi memiliki banyak manfaat lainnya. Kalau menggunakan masker ini, dijamin kulit anda akan kembali sehat.

Manfaat masker kopi untuk wajah

Melansir dari berbagai sumber, ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengaplikasikan masker kopi ke wajah. Kalau penasaran, simak ulasannya berikut.

1. Menenangkan kulit

Anda sedang memiliki jerawat membandel yang menyebabkan nyeri? Kalau begitu, anda bisa gunakakan masker kopi untuk menenangkan kulit.

Mengutip dari laman Healthline, kandungan antioksidan pada ampas kopi bisa memberikan efek calming pada kulit wajah. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yakni cukup oleskan sedikit ampas kopi, pijat perlahan, diamkan sejenak, lalu bilas sampai bersih.

2. Pencerah kulit

Manfaat masker kopi  bisa untuk membuat wajah jadi lebih cerah dan glowing. Cara membuat maskernya pun cukup mudah.  Melansir dari laman Times of India, campurkan setengah cangkir kopi dengan beberapa sendok susu untuk mendapatkan konsistensi kental.

Kemudian, oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit.  Setelah itu, bilas dengan air hangat, ya. Masker ini akan mengangkat sel kulit mati dan meninggalkan kulit yang lebih bercahaya.

3. Mengurangi mata bengkak

Dirangkum laman Times of India, kopi bisa meningkatkan sirkulasi dan membantu mengurangi mata bengkak. Hal ini karena kopi mengandung antioksidan yang tinggi.

Manfaat masker kopi  bisa membantu mengecilkan pembuluh darah dan bekerja sangat baik untuk mengurangi kantung mata. Kalau anda sedang membuat secangkir kopi, sisihkan ampasnya, biarkan dingin, lalu oleskan pada area bawah mata dan kelopak, ya.

Kemudian, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air dingin. Anda juga bisa lakukan hal ini dengan menggunakan kopi dan es batu.

4. Sebagai eksfoliator

Manfaat masker kopi selanjutnya adalah sebagai eksfoliator alami yang efektif. Hasil penelitian pada tahun 2013 menunjukkan bahwa zat dalam kopi juga membantu menyehatkan kulit. Z

at antioksidan tersebut yakni asam caffeic, yang dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini pada sel. Dilansir Medical News Today, asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit dari kuman.

5. Perawatan setelah terpapar sinar matahari

Manfaat masker kopi  yang terakhir yakni untuk menenangkan kulit setelah terpapar sinar matahari. Setelah berpanas-panasan dan terpapar sinar matahari, jangan lupa gunakan ampas kopi untuk membantu menenangkan kulit. Cara membuatnya juga mudah banget.

Mengutip dari laman Healthline, hal pertama yang perlu dilakukan adalah seduh secangkir kopi, kemudian encerkan dengan air dingin. Tempatkan di atas kain dan peras ampas kopi.

Oleskan kain tersebut secara perlahan pada area kulit yang terbakar sinar matahari, ya. Setelah itu, ulangi beberapa kali sehari sampai kemerahannya berkurang.

Nah, itulah ulasan mengani manfaat ampas kopi untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Cara membuat maskernya pun terbilang mudah dan bisa anda buat sendiri di rumah.

 

(Adinda)

Advertisements