5 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan, Wow Disebut Bisa Cegah Kanker! | SATUKANAL.COM
May 22, 2022
Semangka

Buah semangka (foto: Pixabay.com)

Satukanal.com, Nasional– Siapa yag menyangka bahwa buah semangka punya segudang manfaat untuk kesehatan. Buah yang didominasi oleh 92 persen air ini mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, Vitamin C, antioksidan, asam amino serta zat baik lainnya.

Semangka (Citrullus lanatus) adalah buah yang berasal dari Afrika Selatan dan kini sudah bisa dijumpai di seluruh dunia. Buah dengan kulit berwarna hijau ini memiliki bagian dalam yang berwarna merah atau merah jambu dengan biji yang banyak.

Perlu diketahui, tidak hanya daging buahnya saja yang memngandung zat baik untuk tubuh. Untuk semangka yang maatang, maka andungan likopen dan beta-karotennya juga akan semakin tinggi.

Sedangkan, bagian putih yang berada di dekat dengan kulit semangka juga mengandung banyak citrulline dan asam amino. Adapun, asam amino ini bisa untuk meningkatkan sirkulasi darah ke jantung sehingga menjaga kesehatan oragan jantung.

Biji yang banyak pada buah semangka tidak menjadi halangan bagi para penggemarnya mengingat banyak khasiat yang ditawarkan dari buah berbentuk bulat ini.

Manfaat Buah Semangka

Di bawah ini beberapa manfaat dari buah semangka yang tentu sayang dilewatkan. Simak ulasannya:

1. Mencegah Kanker

Likopen yang terkandung di dalam buah ini disebut dapat mencegah kanker pada sistem pencernaan.

Baca Juga :  Mudah Dilakukan! Ini Cara Membersihkan Wastafel Mampet Secara Cepat

Likopen juga dikatakan bisa menurunkan risiko kanker dengan mengurangi insulin-like growth factor (IGF) yang terlibat dalam pembelahan sel.

Apabila tingkat IGF tinggi maka bisa meningkatkan kemungkinan untuk seseorang terkena kanker.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari buah ini yakni menjaga kesehatan jantung. Hal ini disampaikan melalui penelitian yang dimuat dalam The American Journa of Hypertension.

Dalam studi tersebut disebutkan bahwa ekstrak semangka berperan dalam menurunkan tekanan darah pada pasien obesitas dengan hipertensi. Hal ini mungkin dikarenakan jumlah kalium dan magnesium pada semangka yang menjadi pahlawan dari manfaat tersebut.

Diketahui, kalium merupakan nutrisi vasodilator yang dapat merilekskan pembuluh darah dan arteri. Hal tersebut ternyata membantu merangsang aliran darah dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

Sedangkan, karotenoid yang terkandung dalam buah, termasuk semangka, juga dapat mencegah pengerasan dinding arteri dan vena.

3. Memenuhi Cairan Tubuh

Kandungan air yang terdapat dalam buah ini etrbilang cukup bayak yakni 92 persen. Buah ini juga mengandung elektrolit yang baik untuk menghdrasi tubuh.

Kedua senyawa ini sangat penting untuk mencegah Anda terkena dehidrasi dan efektif dalam menurunkan suhu tubuh, serta tekanan darah.

Air dari buah semangka juga berkhasiat dalam melembabkan tubuh selama musim kemarau. Itu sebabnya, tidak heran bila masyarakat di daerah tropis sering mengonsumsi buah semangka.

Baca Juga :  Orang Tua Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri Hepatitis Anak yang Perlu Diwaspadai

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang bisa dijumpai dalam buah ini ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan rambut dan kulit.

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan, vitamin A dapat membantu memperbaiki sel kulit dan membuatnya tetap muda, serta kenyal.

5. Mengendalikan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, buah ini bisa dijadikan salah satu alternatif yang dikonsumsi. Seperti diketahui, mereka harus diet rendah gula dan kaya akan karbohidrat. Hal ini dikarenakan mereka sering merasa lapar, tetapi tidak dapat makan sesuka hati, sehingga nafsu makan pun ikut turun.

Untuk itu, buah ini bisa dijadikan sebagai camilan ringan untuk para penyandang diabetes. Selain itu, kandungan kalium dan magnesium di dalamnya juga membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Hal ini turut berkontribusi terhadap menurunnya kadar gula darah.

Namun, penyandang diabetes hanya boleh mendapatkan manfaat dari buah semangka ini dalam jumlah yang sedikit. Hal ini dikarenakan rasa manis dari buah semangka justru bisa menjadi bumerang terhadap melonjaknya gula darah. (Adinda)